TUK Masyarakat Jasa Konstruksi Hadir di Makassar

  • Whatsapp
TUK Masyarakat Jasa Konstruksi Hadir di Makassar

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Tempat Uji Kompetensi Masyarakat Jasa Konstruksi (TUK Mas Jakon) kini hadir di Kota Makassar, Provinsi Sulsel. Tepatnya di Jl Wijaya Kusuma Raya, Nomor 16, Banta-bantaeng, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar.

Peresmian Sekretariat TUK Mas Jakon yang berada di bawah naungan Pusat Pembinaan Pelatihan dan Sertifikasi Mandiri (P3S Mandiri) ini, dilakukan langsung Kepala Bidang Bina Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Provinsi Sulsel Mukhlis mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel didampingi Ketua Teknis P3S Mandiri Rahmat Yudianto dan Kepala Perwakilan P3S Mandiri Sulawesi Panguriseng, Sabtu (25/6/2022).

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Bina Konstruksi Dinas PUTR Provinsi Sulsel, Mukhlis, mengatakan, P3S Mandiri merupakan mitra dari pusat uji kompetensi Indonesia. P3S Mandiri dibentuk atas inisiasi dari para stakeholder beberapa asosiasi dan beberapa lembaga atau perusahaan sertifikasi yang berkeinginan membantu pemerintah dalam menyampaikan regulasi terkait sertifikasi ke seluruh negeri. P3S Mandiri juga memiliki peran dan fungsi penting dalam mendukung kemajuan pembangunan di Sulsel, khususnya dalam melaksanakan program pengembangan keprofesian berkelanjutan sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 12 Tahun 2021.

“Insya Allah, seluruh rencana kerja bapak/ibu sekalian selaku perwakilan P3S Mandiri yang niatnya memberikan manfaat dan faedah kepada dunia jasa konstruksi, khususnya di Sulsel sudah tercatat suatu kebaikan,” ujarnya.

“Oleh sebab itu, pada kesempatan yang baik ini, saya pribadi dan selaku perwakilan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menitipkan harapan yang besar kepada P3S Mandiri Perwakilan Sulawesi Selatan, kelak akan lebih berkembang dan mampu mewujudkan kinerja tenaga ahli konstruksi yang lebih baik dan menghasilkan para penyedia jasa konstruksi yang profesional, andal, dan dapat membangun infrastruktur berkualitas di Sulawesi Selatan,” tambahnya.

TUK Masyarakat Jasa Konstruksi Hadir di Makassar

Mukhlis mengatakan, pihaknya berharap agar P3S Mandiri Perwakilan Sulsel nantinya dapat menjadi lembaga yang mampu mengayomi semua anggotanya dengan sebaik-baiknya serta dapat berkontribusi lebih kreatif dalam pengembangan dunia konstruksi di Sulsel.

“Saya berharap agar seluruh anggota perwakilan P3S Mandiri dapat berjuang, bekerja, dan melangkah bersama demi kejayaan kita dan Sulawesi Selatan pada umumnya. Demikian saya sampaikan dan sebelum saya mengakhiri sambutan ini, sekali lagi saya mewakili Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengucapkan selamat dan sukses atas acara pembukaan tempat uji kompetensi ini, semoga bernilai ibadah di sisi Allah SWT,” katanya.

Ketua Teknis P3S Mandiri Rahmat Yudianto didampingi Kepala Perwakilan P3S Mandiri Sulawesi Panguriseng menjelaskan, kehadiran TUK Mas Jakon di bawah nauangan P3S Mandiri ini, sejalan dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

“Kehadiran kami P3S Mandiri di Sulawesi Selatan untuk memberikan manfaat bagi Sulawesi Selatan dengan fokus pada bidang jasa konstruksi. Termasuk dengan peresmian Sekretariat TUK Mas Jakon yang dipimpin Saudara Panguriseng,” jelasnya.

“TUK Mas Jakon ini, adalah proses Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) Konstruksi, sebelumnya Sertifikat Keahlian (SKA) dan Sertifikat Ketrampilan (SKT) yang diproses LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi,” tambah Rahmat Yudianto.

“Di sini juga akan dilengkapi klinik jasa konstruksi. Mari manfaatkan tempat uji kompetensi ini. Mudah-mudahan seluruh kebutuhan masyarakat jasa konstruksi di Sulawesi Selatan dapat dipenuhi di sini. Motto yang kami diusung ‘Lebih Murah dan Cepat’,” sambung Panguriseng yang juga mantan Ketua LPJK Provinsi Sulsel. (***)