Tinggalkan Madinah, Kloter I UPG Menuju Bir Ali

  • Whatsapp
Tinggalkan Madinah, Kloter I UPG Menuju Bir Ali

Madinah, Upeks.co.id– Setelah menyelesaikan rangkaian proses Arbain. Yaitu, salat berjamaah di Masjid Nabawi sebanyak 40 waktu dan ziarah disejumlah lokasi di Kota Madinah, kini kloter kloter 1 Embarkasi Makassar (UPG) meninggalkan Madinah, Sabtu (25/6/2022). Kloter ini meninggalkan hotel, pukul 14.00 waktu setempat.

Ketua Kloter 1 UPG Kloter Ramli Rasyid, S.Ag, M.Pd, M. Ed, menginformasikan, jemaah kloter yang terdiri dari Kota Makassar, Kota Parepare dan Kabupaten Soppeng, menggunakan bus yang terdiri 9 rombongan singgah di Bir Ali untuk mengambil miqat pelaksanaan umrah wajib.

Bacaan Lainnya

Miqat adalah batas atau tempat dimulainya para jamaah umrah atau haji untuk berihram sekaligus memulai niat. Khusus bagi jemaah yang datang dari Madinah, mereka mengambil miqat di Bir Ali.
Tempat ini terletak 11 kilometer dari Masjid Nabawi. Tepatnya sebelah barat Lembah Aqiq. Di sana, ada sebuah masjid berdiri, namanya Masjid Bir Ali.

Sampai di Bir Ali, jemaah akan turun sesuai urutan busnya. Mereka akan diarahkan ke pintu-pintu khusus bagi jemaah perempuan dan laki-laki untuk berwudhu. Mereka  melaksanakan salat sunah dua rakaat, baik salat tahyatul masjid maupun salat sunah umrah.

Sebelumnya, sebelum meninggalkan Madinah jemaah kloter I berkesempatan memasuki area raudhah dan berkesempatan melaksanakan salat sunat dan doa.
Disebutkan, jemaah bersyukur karena bisa masuk Raudhah dan salat dan berdoa dengan khusyuk karena tidak berdesak-desakan. “Bahkan sebelum masuk ke tempat salat dibagikan air putih,” kata Ramli.

Kepala Seksi Sistem Informasi Pendidikan Agama Islam pada Kanwil Kemenag Sulsel ini, untuk masuk ke lokasi tersebut, kelompok dibagi dua. Untuk jemaah wanita sebanyak 279 orang diberi waktu Kamis (23/62022) pukul 07.30 waktu Arab Saudi. Sedangkan kelompok jemaah laki-laki masuk pada, Jumat (24/6/2022) pukul 00.30 dini hari.
“Kami bisa masuk setelah tasrih (surat izin) dari pihak muassasah,” tandasnya. Sebelum masuk dikumpulkan dan diberi pengarahan di pelataran Masjid Nabawi.