Terpilih Ketua Umum, Arman Hanis Janji Lakukan Rekonsiliasi Polemik Internal AAI

Terpilih Ketua Umum, Arman Hanis Janji Lakukan Rekonsiliasi Polemik Internal AAI

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Arman Hanis terpilih  Ketua Umum Terpilih Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) Periode 2022-2026, pada Musyawarah Nasional AAI di Hotel Sheraton by Four Point, Minggu (26/6/2022).

Hanis menyebutkan yang menjadi dan visi dan misi dalam menahkodai AAI yakni melakukan rekonsiliasi atau menyatukan dualisme yang terjadi pada internal AAI saat ini.

Bacaan Lainnya

“Rekonsiliasi ini sangat penting dilakukan, selama ini AAI tidak pernah terjadi dualisme, olehnya itu rekonsiliasi yang menjadi tujuan utama saya untuk mencalonkan sebagai Ketua Umum AAI,” tandas.

Walaupun demikian, sambung Hanis dirinya tetap menjalankan program yang telah disepakati dalam organisasi AAI, seperti hal mendorong up date base, konsolidasi cabang AAI di seluruh Indonesia, rekrutmen, pendidikan berkelanjutan.

“Termasuk mendirikan pusat bantuan hukum di seluruh Indonesia. Program-program ini akan tetap berjalan disamping membenahi polemik dalam internal AAI yang terjadi saat ini,” ungkap Hanis.

Menurut Hanis, rekonsiliasi ini sangat penting dilakukan, karena selama ini AAI tidak pernah ada kabar berpecah. Dan dualisme ini terjadi pada dua tempat pelaksanaan Munas, yaitu Bandung dan Bogor.

“Pelaksanaan Munas AAI di Kota Makassar lantaran adanya dorongan dari teman-teman, dan pelaksanaan munas ini dilakukan secara cepat, tujuannya agar tidak ada lagi perpecahan ditubuh AAI,” ungkap Hanis.

Sementara Ketua Tim Pemenangan Hanis Arman, Imran Nating mengatakan terjadinya perpecahan ditubuh AAI saat ini pertama rencana awal Munas dilakukan di Kota Bandung, pada tahun 2020.

“Pada saat itu kami sudah mendapatkan izin untuk melakukan Munas, secara Protokol Kesehatan (Prokes) namun dihari pelaksanaan saat itu tiba-tiba tidak mendapatkan izin lantaran penyebaran Covid-19 sangat tinggi, sehingga sebagian anggota AAI yang hadir kecewa, dan anggota kecewa ini tetap melakukan Munas di Bandung dengan tempat yang berbeda,” ungkap Imran.

Tidak sampai di situ saja. Menurut Imran setelah Munas di Bandung, AAI kembali melaksanakan Munas di Bogor dengan dalih bahwa pelaksanaan Munas di Bandung tidak sah, akhirnya Munas di Bogor tahun 2021 kembali dilaksanakan namun pelaksanaan tersebut kembali lagi terhalang Penyebaran Covid-19 yang meningkat sehingga Munas tersebut tidak dilakukan pada hari H.

“Atas dasar tersebut, Munas AAI kami lakukan di Kota Makassar dengan berbagai pertimbangan, dan hari ini sudah ada Ketua Umum AAI terpilih, beliau adalah  Arman Hanis juga merupakan lulusan Universitas Hasanuddin (Unhas),” tutup Imran. (aca)