Sempat Viral, Warga Pungli Tarif Parkir Berhasil Diringkus UPRC Polres Pelabuhan

Sempat Viral, Warga Pungli Tarif Parkir Berhasil Diringkus UPRC Polres Pelabuhan

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Pasca viralnya seorang terduga pelaku melakukan pungutan liar (pungli) tarif parkir terhadap warga, Unit Patroli Respon Cepat (UPRC) Polres Pelabuhan Makassar berhasil meringkus terduga pelaku.

Diringkusnya warga tersebut, berawal adanya postingan di medsos Instagram terkait pungutan liar terhadap warga yang memarkir kendaraan di Jl Nusantara tepatnya depan Pelabuhan Makassar, pada Senin malam (13/6/22) lalu.

Bacaan Lainnya

Setelah postingan tersebut viral, Kasat Samapta Polres Pelabuhan Makassar, AKP M Tambunan langsung menindaklanjuti dengan memerintahkan anggotanya mencari dan mengamankan terduga pelaku itu.

MK (21) terduga pelaku yang merupakan pedagang asongan di Area Pelabuhan Jl Nusantara, berhasil diamankan di salah satu warung kopi di Jl Nusantara Makassar.

Kasat Samapta Polres Pelabuhan Makassar, AKP M Tambunan mengatakan, hasil interogasi terhadap terduga pelaku menjelaskan bahwa video yang ada dalam medsos tersebut adalah dirinya.

Terduga pelaku kata Tambunan, melakukan aksinya di saat kapal penumpang bersandar di pelabuhan Makassar dan tarif parkir yang ditentukan mulai dari Rp5.000 hingga Rp10.000 bahkan lebih dari itu.

Aksi pungli tersebut telah dilakukan terduga pelaku kurang lebih setahun dan aksi ini tidak hanya dilakukan seorang diri, namun ada beberapa pemuda juga melakukan hal yang sama. 

“Pelaku melakukan aksi dengan cara memaksa warga membayar parkir diluar aturan, kemudian motif pelaku melakukan aksi karena faktor ekonomi,” ucap Tambunan.

Mantan Kasi Humas Polres Gowa ini menyebut, masih ada beberapa lokasi parkir liar yang akan dipantau. Pihak kepolisian akan terus melakulan patroli sekaligus akan menindak tegas siapapun mencoba melakukan aksi pungli tarif parkir di wilayah hukum Polres Pelabuhan.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak memenuhi permintaan petugas parkir liar, karena hal tersebut tidak sesuai aturan. Dan bila hal itu kembali terjadi agar segera melaporkan kepada pihak kepolisian,” imbuhnya.

Terpisah Kapolres Pelabuhan, AKBP Yudi  Frianto mengatakan, aksi ini sangat melukai hati masyarakat dan pihaknya telah tegaskan kepada seluruh jajaran Polres Pelabuhan untuk memantau aksi semacam ini.

“Dan apabilaila hal tersebut masih terjadi agar segera menindak pelakunya,” tegas mantan Kasat Narkoba Polrestabes Makassar ini. (Jay)