Semen Tonasa Bantu UMKM Binaan Kembangkan Usaha Ayam Petelur

Semen Tonasa Bantu UMKM Binaan Kembangkan Usaha Ayam Petelur

Pangkep,Upeks.co.id– PT Semen Tonasa dalam pelaksanaan program TJSL-nya, senantiasa dilakukan secara berkesinambungan dan menyasar berbagai lapisan masyarakat. Termasuk, program-program yang tercakup dalam wadah Pilar Tonasa Mandiri.

Dalam perkembangannya, Tonasa Mandiri yang merupakan bagian dari Program Tonasa Bersaudara ini, dari masa ke masa membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Terutama dalam hal meningkatkan kemandirian dan sosial ekonomi masyarakat sekitar.

Bacaan Lainnya

PT Semen Tonasa melalui program TJSL membentuk kelompok usaha ayam petelur yang dikerjasamakan dengan Forum Aspirasi Masyarakat (FAM) Desa Bulu Tellue, Pangkep.

Melalui Renja tahun 2021 diusulkan program lanjutan usaha kelompok berupa ayam petelur yang diharapkan dapat membantu mengembangkan usaha serta meningkatkan ekonomi warga. Dan saat ini, produksi telur dari kelompok ini telah sangat berkembang dan banyak didistribusikan di lingkup Pangkep maupun luar Pangkep.

General Manager Komunikasi dan Hukum PT Semen Tonasa, Andi Said Chalik mengatakan, bahwa pilar Tonasa Mandiri ini telah memberi impact besar bagi perekonomian masyarakat sekitar perusahaan. Tonasa Mandiri yang merupakan salah satu pilar dalam Program Tonasa Bersaudara ini, lanjut dia, telah cukup banyak membantu UMKM berkembang.

“Salah satunya adalah usaha ternak ayam ras petelur yang berada di Desa Bulu Tellue ini. Kami melihat, bahwa usaha ini sangat menjanjikan. Sehingga diharapkan, dengan berkembangnya usaha mitra binaan, bisa semakin turut meningkatkan taraf hidup dan ekonomi warga sekitar,” katanya.

“Secara ekonomis, usaha ternak ayam ras petelur memiliki prospek yang menguntungkan. Karena permintaan jumlah konsumsi telur selalu tinggi serta pangsa pasarnya masih luas. Hal ini bisa dilihat bagaimana mitra binaan kami ini sekarang sudah berkembang dan menyuplai telur hasil usahanya ke Pangkep, bahkan sebagian di luar Pangkep seperti Maros dan Makassar,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Forum Aspirasi Masyarakat Desa Bulu Tellue, Muh. Ilyas sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh PT Semen Tonasa. “Alhamdulillah, program yang kami usulkan ke PT Semen Tonasa dalam Eenja tahun sebelumnya sudah direalisasikan. Dan hasilnya sekarang bisa terlihat. Masyarakat bisa terbantu dan lebih mandiri. Terima kasih kami ucapkan kepada PT Semen Tonasa atas dukungannya,” ungkapnya. (rls)