PPIH Puji Totalitas Gubernur Maluku Utara Layani JCH

  • Whatsapp
PPIH Puji Totalitas Gubernur Maluku Utara Layani JCH

Makassar, Upeks.co.id– Jemaah Calon Haji Kloter 11 Embarkasi Makassar dari Provinsi Maluku Utara diterima Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Sabtu (25/6/2022).

Dalam kesempatan itu Sekretaris PPIH Ikbal Ismail memuji pemerintah Provinsi Maluku Utara yang telah membiayai penuh JCH baik itu akomodasi dan konsumsi. “Kalau Istilah saya pak Gubernur itu Neneknya Haji. Beliau semenjak jadi Gubernur menjadi provinsi pertama yang membiayai penuh seluruh JCH, ” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Gubernur, kata Ikbal, mempersiapkan seluruh akomodasi dari Ternate menuju Kota Makassar dengan menyewa tiga pesawat khusus untuk jemaah calon haji. Demikian halnya, penginapan bersama konsumsinya sehari sebelum diterima masuk di Asrama Haji.

Diakhir sambutannya Ikbal Ismail berharap JCH Kloter 11 untuk menjaga nama baik Indonesia, Embarkasi Makassar, dan Daerah. “Bapak Ibu adalah Duta Maluku Utara dan Duta Indonesia. Jaga martabak bangsa, ikuti aturan baik itu aturan Arab Saudi dan Indonesia sehingga ibadah Haji yang dilaksanakan berjalan lancar, ” imbuhnya.

Penerimaan JCH diakhir dengan penyerahan manifes JCH kloter 11 dari Gubernur Maluku Utara kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Makassar.

Kloter 11 dengan 393 jamaah seluruhnya berasal dari Provinsi Maluku Utara yang terdiri dari beberapa Kabupaten Kota, diantaranya Kota Ternate (121), Halmahera Barat (32), Halmahera Utara (43), Halmahera Timur (28), Halmahera Selatan (92), Kepulauan Sula (51), dan Pulau Morotai (22) serta ditambah 4 tugas haji yang mendampingi.

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani mengantar sendiri jamaahnya didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Maluku Utara M. Abu Same, Walikota Ternate M. Tauhid Sulaeman, Kakanwil Maluku Utara Ridwan Kari dan beberapa pejabat lainnya untuk diserahkan langsung ke Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Makassar.

Sementara itu, Kakan Kemenag Kepulauan Sula Saiful Ja’far mengungkapkan bahwa JCH berangkat dari bandara Sultan Babullah Ternate menuju Kota Makassar dengan menyewa tiga pesawat Sriwijaya Airlines. “Kami menggunakan pesawat carteran pemprov khusus untuk para jamaah kloter 11 dengan 3 pesawat dan untuk jamaah kloter 12 juga disiapkan pemprov dengan satu pesawat,” tandasnya.