PPIH Embarkasi Makassar Siap Layani Jemaah

Makassar, Upeks.co.id– Panitia Penyelenggara Ibadah Haji 1443 H/2022 M Embarkasi Makassar akan melaksanakan apel siaga, Rabu, 15 Juni 2022 besok, dalam rangka untuk persiapan pemberangkatan jemaah haji.

Kepala Kanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Khaeroni selaku Ketua PPIH Embarkasi Makassar menjelaskan, sebanyak 393 jemaah haji Kloter pertama dijadwalkan masuk Asrama Haji Sudiang Makassar Kamis (16/6/2022), yang terdiri dari Jemaah haji asal Kota Makassar 209 orang, Kota Parepare 61 Orang, Soppeng 119 Orang, ditambah 4 orang Petugas Haji Kloter (TPHI, TPIHI, Dokter dan Perawat) tetap dengan menerapkan protokol Kesehatan. Mereka juga harus melalui proses pemeriksaan kesehatan.PPIH Embarkasi Makassar Siap Layani Jemaah

Bacaan Lainnya

Khaeroni mengatakan, situasi Asrama Haji Sudiang Makassar sudah dalam posisi siap menyambut, menerima dan memberangkatkan jemaah haji dalam kondisi sehat dan terbebas dari paparan Covid-19.

“Saya yakin jemaah yang akan masuk asrama haji dalam kondisi sehat dan terbebas dari Covid-19. dan kami lebih baik tegaskan disini lebih awal demi melindungi semua jemaah haji,” tegas Kakanwil, Selasa, 14 Juni 2022.

Dengan slogan ‘Mabrur, Sehat, Barokah’, Khaeroni mengajak para jemaah haji untuk beribadah dengan senang dan riang, tidak usah pikir macam macam, fokus saja dengan niat awal kita untuk melaksanakan Ibadah Rukun Islam Kelima.

Kakanwil lalu menjelaskan kesiapan para petugas haji untuk melayani Jemaah. Mereka sudah didukung database digital urutan keberangkatan dan informasi lain terkait pergerakan jemaah. Kloter pertama dan kloter-kloter berikutnya sudah selesai, termasuk validasi dokumen.

“Proses digitalisasi dokomen saat ini dilakukan guna membantu proses visa dan paspor selesai lebih cepat, sehingga ada akselarasi pelayanan,” ungkap Khaeroni

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Ikbal Ismail mengatakan, semua item telah dipersiapkan untuk pemberangkatan jemaah haji Embarkasi Makassar kloter I. “Tanggal 15 Juni pukul 7:30 Wita, kami akan gelar apel siaga yang akan diikuti oleh seluruh Stake Holder terkait penyelenggaraan Haji dalam rangka mengkoordinasikan proses penerimaan dan pemberangkatan jemaah haji,” ujar Ikbal.

Ikbal juga mengungkapkan, setelah apel tersebut akan dilanjutkan esok harinya 16 Juni pelepasan kloter pertama untuk kota Makassar. “Terus 16 Juni 2022 pukul 19:30 Wita pelepasan kloter pertama,” lanjut dia.

Ikbal menjelaskan, untuk pengantaran dari asrama haji menuju ke bandara akan dikawal langsung oleh Polda Sulsel. “Nanti dari asrama haji ke bandara itu akan dikawal khusus dari TNI Polri Sulsel. Dan itu hanya membutuhkan waktu 3 menit saja untuk sampai ke bandara. Karena lewat Gerbang khusus Haji di bagian belakang Asrama Haji Sudiang, jemaah langsung tiba di tangga pesawat,” ungkapnya.

Dia mengaku, untuk menuju ke bandara para jemaah haji ini akan langsung diarahkan ke tangga pesawat, para jemaah haji ini tidak lagi diperiksa. Karena lanjut dia, di asrama haji telah dilakukan pemeriksaan, artinya Aula Pelepasan di Asrama Haji seperti tahun sebelumnya akan disulap mirip pintu Xray yang ada di Bandara.

“Karena proses pemeriksaan telah dilakukan di asrama, proses pemeriksaan barang, dan sebagiannya. Jadi tidak ada lagi proses pemeriksaan di bandara, langsung ke tangga pesawat,” tutupnya.

Untuk pemberangkatan Jemaah haji Gelombang pertama Embarkasi Makassar yang akan tiba di Bandara Madinah hanya berjumlah dua Kloter, sementara 17 Kloter Sisanya masuk pada pemberangkatan pelombang kedua yang Insya Allah tiba di Bandara Jeddah Arab Saudi. (rls)