PNUP Hadirkan PKM Bersama Bantu Masyarakat Salenrang Maros

  • Whatsapp
PNUP Hadirkan PKM Bersama Bantu Masyarakat Salenrang Maros

Makassar, Upeks–Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berhasil membangun sarana dan prasarana yang bermanfaat bagi masyarakat Salenrang Kabupaten Maros. Kegiatan pengabdian yang merupakan lanjutan PKM sebelumnya dan kembali melaksanakan PKM yang dipusatkan di Desa Salenrang Kabupaten Maros, Sabtu (25/6).

Kegiatan PKM yang didanai langsung dari DIPA PNUP turut serta membawa beberapa tim PKM berdasarkan bentuk kegiatan masing masing kelompok serta kolaborasi dari lintas prodi dan jurusan yang ada di PNUP seperti dari jurusan teknik sipil dan jurusan teknik elektro.

Bacaan Lainnya

Kegiatan PKM yang mayoritas dilaksanakan di kecamatan salenrang antara lain pemasangan paving blok, penyediaan tangki dan pompa air, instalasi pipa untuk air wudhu, acian dan pengecatan dinding luar dan pemasangan plafond bangunan dan septiktank WC masjid, serta peningkatan jalan penghubung.

Selebihnya tim PKM PNUP melaksanakan kegiatan pengabdian seperti di kelurahan allepolea dan pembuatan tempat pembuangan sampah di area teppo batue Maros, .

Prof Ir Muhammad Suradi selaku salah satu tim PKM mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan secara pararel dengan melibatkan banyak tim PKM serta dipusatkan di daerah Salenrang Maros.

“Kurang lebih ada 12 tim PKM PNUP yang secara pararel (bersama) turun melakukan pengabdian di daerah Salenrang Maros”. Ucap Profesor jurusan teknik sipil ini.

Selanjutnya Dr Ir Basyar Bustan MT salah satu ketua tim PKM yang juga turut serta dalam kegiatan pengabdian menyampaikan bahwa kehadiran kami sangat membantu masyarakat dalam menyediakan sarana prasarana mulai dari penyediaan air, perbaikan masjid, peningkatan jalan dan sebagainya.

“Tujuan kegiatan PKM ini adalah bagaimana menyediakan keperluan dan kebutuhan bagi masyarakat salenrang dan sekitarnya,” jelas staf pengajar jurusan teknik sipil PNUP ini.

Tim PKM PNUP yang turun secara bersama melakukan pengabdian di kabupaten Maros yakni masing-masing diketuai oleh Prof Ir Muhammad Suradi MEng St PhD, Dr Ir Basyar Bustan MT, Indra Mutiara ST MT, Khairil ST MEng, Dr Eng Ir Adi Wijaya ST MT, Dr Muhammad Idris ST MT, Abdul Fattah ST MT, Abdul Nabi ST MT, Sarif ST MT, Jabair ST MT, Dr Ir Hasriana MT, Nursamiah ST MT, Dr Andi Muhammad Subhan ST MT, Sulvyah Faisal ST MT dan Ir Aksan Djamal MT.

Kegiatan pengabdian juga melibatkan staf pranata laboratorium pendidikan (PLP) PNUP yakni Ridwan ST, Muhammad Rivai Ramli ST, Muhammad Syafar Amd, Makmur Rauf ST MT, Kissan ST dan Anhar ST.

Kegiatan ini terlaksana atas bantuan dari PNUP melalui DIPA tahun anggaran 2022. (*)

Pos terkait