Perkuat Keterbukaan Informasi Publik, Komisi Informasi Sulsel Berkunjung ke KI Pusat dan DKI Jakarta

  • Whatsapp
Perkuat Keterbukaan Informasi Publik, Komisi Informasi Sulsel Berkunjung ke KI Pusat dan DKI Jakarta

 

Jakarta, Upeks.co.id — Tiga komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) masing masing; Samrotunnajah Ismail, Syahwaluddin dan Gedenarayana menerima rombongan komisioner Komisi Informasi Sulawesi Selatan, Kamis (23/6/2022) di Sekretariat Komisi Informasi Pusat Jakarta.

Bacaan Lainnya

Kelima komisioner KI Sulsel adalah; Ketua Pahir Halim, Wakil Ketua Andi Taddampali, Benny Mansjur, Fauziah Erwin, dan Khaerul M.

Dalam kunjungan Komisi Informasi Sulsel tersebut, juga ikut PPID Utama Sulsel yakni Kepala Dinas Kominfo Sulsel Amson Padolo, Kabid Humas Kominfo Sultan Rakib dan jajarannya.

Ketua KI Sulsel Pahir Halim dalam kunjungan itu Mengatakan, selain sharing pengalaman dan penguatan kelembagaan KI Sulsel juga mempertanyakan kapan KI Pusat akan melaksanakan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi tingkat nasional.

“Dan kami KI Sulsel dan PPID Utama siap menanti komisi informasi pusat. Silakan datang dan melihat langsung di Sulsel. Ada pasti perubahan,” ujar Pahir.

Komisioner pusat menyambut baik dan hangat kedatangan komisi informasi Sulsel tersebut. Dalam pertemuan tersebut, kedua lembaga ini sharing atau berbagi pengalaman.

“Ini selain silaturahmi kita juga sharing sharing pengalaman lah. Bagaimana menerima sengketa dan menanganinya,” ujar Syahwaluddin.

Sementara itu Kadis Kominfo Sulsel Amson Padolo secara langsung mengutarakan keresahannya atas predikat Sulsel dalam pemringkatan keterbukaan informasi publik masih menengah yakni cukup informatif.

“Padahal ini berbanding terbalik dengan keterbukaan pers yang kami lakukan dan itu mendapat penghargaan dari lembaga independen tahun lalu. Mohon masukan komisioner informasi pusat apa yang kami harus lakukan,” beber Amson.

Komisioner Pusat mengerti hal itu, namun keputusan itu bukan dari KI pusat tapi itu amanat dari Undang undang keterbukaan informasi publik. “Jika semua indikator terpenuhi Sulsel akan naik pringkat, PPID utama dan pelaksana harus bersinergi bersama komisi informasi Sulsel,” ujar Syahwaluddin.

Selain melakukan kunjungan ke KI Pusat, Komisioner KI Sulsel juga berkunjung ke KI Provinsi DKI. Ketua KI DKI Jakarta Harry Ara menerima langsung rombongan Ki Sulsel.

Dalam pertemuan itu, sharing sejumlah pengalaman dalam menangani ragam sengketa informasi di DKI maupun di Sulsel.

“Terima kasih kami sampaikan ke seluruh KI Sulsel atas kunjungannya. Kita berharap kami DKI juga akan melakukan kunjungan yang sama nantinya,” ujar Harry Ara.(rls)