Pemilihan BPD Mattiro Bulu, Puluhan Calon Mendaftar

  • Whatsapp
Pemilihan BPD Mattiro Bulu, Puluhan Calon Mendaftar

PANGKEP,UPEKS.co.id— Warga Desa Mattiro Bulu bersiap menyambut pesta demokrasi. Mereka akan memilih Badan Permusyawaratan desa (BPD).

Berbagai tahapanpun telah dilakukan oleh panitia pelaksana Termasuk Pemutahiran data pemilih dan penjaringan calon anggota BPD.

Bacaan Lainnya

Sejak panitia mengumkan, terlihat antusiasme warga desa Mattiro Bulu untuk menjadi anggota BPD sangat besar. Terbukti, puluhan orang mendaftarkan diri menjadi calon.

Namun, panitia menetapkan sejumlah kriteria dan persyaratan untuk calon anggota BPD sesuai permendagri 110 Tahun 2016 tentang BPD. 

Diantara kriteria dan syarat itu, sesuai peraturan menteri dalam negeri (Permendagri) calon anggota BPD Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Memegang teguh  dan  mengamalkan  Pancasila, melaksanakan  Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika, Berusia paling rendah 20 (dua puluh) tahun atau sudah/pernah menikah, berpendidikan paling rendah tamat sekolah menengah pertama atau sederajat, bukan sebagai perangkat Pemerintah Desa, bersedia dicalonkan menjadi anggota BPD, wakil penduduk Desa yang dipilih secara demokratis dan bertempat tinggal di wilayah pemilihan.

“Hasilnya, berdasarkan kriteria dan persyaratan yang ditetapkan oleh panitia. Dari 29 orang yang mengambil formulir hanya 24 orang yang mengembalikan kepanitia hingga batas pendaftaran selesai. Dari 24 berkas calon tersebut kami verikasi kelengkapan dokumen persyaratannya, hasilnya hanya 21 orang yang dinyatakan lengkap dan  3 orang dikembalikan untuk dilakukan perbaikan, namun hingga batas perbaikan selesai 3 orang calon tersebut belum juga mengembalikan hasil perbaikannya,”jelas ketua panitia pemilihan BPD, Hj Rasnawaty, Sabtu(25/6/22).

Usai ditetapkan sebagai calon, mereka akan diberikan kesempatan untuk melakukan sosialisasi dan kampanye sebelum dilaksanakan pemilihan langsung di tanggal 3 Juli 2022 mendatang. (sah)