Pastikan Pemberangkaan JCH Berjalan Lancar, Ombudsman Temui Kakanwil Kemenag Sulsel

Pastikan Pemberangkaan JCH Berjalan Lancar, Ombudsman Temui Kakanwil Kemenag Sulsel

Makassar, Upeks.co.id–Kepala Pencegahan Ombudsman Sulawesi Selatan (Sulsel) Muslimin B. Putra berharap pemberangkatan dan pemulangan Jemaah Calon Haji (JCH) melalui Embarkasi Makassar berjalan lancar.

Harapan itu dikemukakan Muslimin B. Putra didampingi rekannya Komisioner Ombudsman RI Perwakilan Susel ketika menemui Kepala Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Selatan, Khaeroni yang juga bertindak selaku Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar.

Bacaan Lainnya

Dalam pertemuan ini, Muslimin mengungkapkan bahwa Pemerintah telah menerbitkan PP Nomor 8 Tahun 2022 tentang Koordinasi Penyelenggaraan Ibadah Haji. “Itu yang menjadi dasar bagi kami untuk bersilaturrahim dengan pak Kakanwil hari ini untuk memastikan pemberangkatan jemaah haji embarkasi Makassar berjalan lancar,” ungkap Muslimin di ruang kerja Kakanwil Kemenag Sulsel, Selasa 28 Juni 2022.

Lanjut disampaikan, bahwa melalui koordinasi ini, Ombudsman meminta untuk diberi akses informasi dan akses peninjauan serta pengawasan langsung di Asrama Haji Makassar serta Bandara Internasional Hasanuddin guna memantau langsung ketersediaan petugas, sarana prasarana termasuk akomodasi, konsumsi, transportasi dan fasilitas lainnya yang menjadi hak dari JCH.

Menanggapi kehadiran Ombudsman ini, Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Khaeroni menyambut baik niat pengawasan dari Ombudsman tersebut.

“Semakin banyak pengawas formal itu semakin bagus. Selama ini kita diawasi oleh KPK, Inspektorat dan internal Kemenag RI pusat non auditor,” bebernya.

Selain pengawasan formal, Khaeroni mengatakan bahwa justru jemaah haji sendiri adalah pengawas atau pemantau yang paling efektif.

“Karena kalau ada hal-hal yang tidak beres pasti mereka menyampaikan keluhannya. Dan Alhamdulillah selama ini belum ada keluhan sama sekali. Insha Allah predikat sebagai salah satu embarkasi terbaik di Indonesia tetap bisa kami pertahankan,” tandasnya.

Senada dengan itu, Kepala Bagian Tata Usaha Ali Yafid yang turut mendampingi Kakanwil Kemenag Sulsel mengatakan bahwa akses informasi dan akses ke asrama haji terbuka bagi lembaga pengawasan yang membutuhkan.

“Kami tentunya mengikuti imbauan Menag agar pelaksanaan ibadah haji ini berjalan baik, olehnya itu kami welcome bagi pengawasan dari berbagai pihak. Ini justru menjadi penyemangat bagi rekan-rekan PPIH karena jika ada kekurangan yang pengawas temukan segera bisa kami evaluasi,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Ombudsman Sulsel mengagendakan pemantauan langsung ke Asrama Haji Makassar dan Bandar Udara Internasional Hasanuddin pada hari Rabu 29 Juni 2022.(rls)