Lestarikan Adat Budaya, SMA Islam Al Akhyar Makassar Gelar Porseni

  • Whatsapp
Lestarikan Adat Budaya, SMA Islam Al Akhyar Makassar Gelar Porseni

Makassar, Upeks.co.id–SMA Islam Al Akhyar Makassar menggelar kegiatan Pekan Olahraga Dan Seni (Porseni) di lapangan sekolah. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala sekolah M. Awaluddin dengan penuh kemeriahan, Senin, (20/6/2022).

Porseni ini merupakan salah satu kegiatan Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengusung tema: Kearifan Lokal Provinsi Sulawesi Selatan (Sul-Sel) dan Provinsi Sulawesi Barat (Sul-Bar).

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini diikuti oleh Perwakilan kelas dari jenjang SD, SMP dan SMA yang di bagi menjadi beberapa kategori. Kategori 1 terdiri atas siswa SD kelas 1,2, dan 3, untuk kategori 2 siswa SD dari kelas 4 dan 5, serta untuk kategori 3 dari siswa SMP kelas 7,8 dan SMA kelas 10. Adapun jenis kebudayaan yang diperlombakan adalah permainan tradisional seperti Lomba Tarik Tambang, Lari Karung, Lari Kelereng, dan ranking satu budaya serta disusul dengan perlombaan Duta Budaya dan Fashion Show yang di laksanakan pada hari selasa (21/06/2022) sekaligus penutupan porseni.

Penanggung Jawab Porseni Nur Aeni HM, S.Pd., M.Pd mengatakan, khusus Lomba Duta Budaya Al Akhyar, peserta dikuti oleh sepasang Dara-Daeng perwakilan dari setiap kelas.

“Mereka dipersyaratkan untuk menggunakan pakaian adat dan memamerkan beberapa kekhasan budaya seperti makanan tradisional original dan makanan tradisional kreasi lengkap dengan resep dan cara pembuatannya serta dipamerkan pula satu permainan Tradisional lengkap dengan cara memainkannya,”ujarnya.

Untuk suksesnya Porseni, Ketua OSIS SMA Islam Al Akhyar Makassar ‘Alif Manoppo’ terjun langsung ke lapangan sebagai ketua panitia. Ketika di temui, dia memaparkan tujuan dari kegiatan ini

“Dengan adanya kegiatan ini, kita dapat melestarikan kebudayaan/ adat istiadat Sulawesi Selatan dan Barat serta dapat menumbuhkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila sekaligus dapat menumbuhkembangkan bakat olahraga dan seni yang dimiliki oleh para siswa (i) Al Akhyar Islamic School,” ungkapnya.

Pada penutupan Porseni ini dihadiri oleh Pengawas Pembina Dinas Pendidikan Prov. Sulsel yakni bapak H. Sulaiman HP, guru-guru, orang tua siswa dan para siswa, sekaligus pembagian hadiah bagi pemenang lomba.

Sulaiman dalam sambutannya berpesan agar SMA Islam Al Akhyar terus mengembangkan diri dan terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.

“Kurikulum Merdeka adalah kekuatan terbesar SMA ini, kami yakin sekolah ini berpotensi besar untuk mampu menjadikan peserta didiknya Unggul dan Berprestasi. olehnya itu, Kami mengajak seluruh orang tua siswa untuk berbondong-bondong memasukkan anaknya di SMA Islam Al Akhyar Makassar, “ungkapnya.