Itikad Baik, Terpidana DPO Pemalsuan Serahkan Diri ke Lapas

  • Whatsapp
Itikad Baik, Terpidana DPO Pemalsuan Serahkan Diri ke Lapas

MAKASSAR,UPEKS.co.idPanca Trisna, salah seorang terpidana  penggunaan surat palsu yang sempat masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), akhirnya menyerahkan diri ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Gunung Sari Makassar.

Itikad baik terpidana Panca Trisna menyerahkan diri untuk menjalani pidana kurungannya, di benarkan oleh Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Gunung Sari Makassar, Hernowo.

Bacaan Lainnya

“Ada hari Sabtu 18 Juni masuk dan terpidana putus 2 tahun pidana,” kata Hernowo saat dihubungi via WhatsApp, Senin (20/6/22).

Sebelumnya, PLH Kasi Pidum Kejari Makassar, Andi Hairil Akhmad mengaku, upaya eksekusi telah dilakukan. Namun terpidana gagal dilakukan eksekusi lantaran tidak berada ditempat. Pihaknya juga sudah mengirim surat ke kediaman terpidana agar bisa koopertif.

“Kita sudah bersurat dan sudah kami panggil secara patut. Tapi tidak merespon dan mangkir. Sehingga kita langsung mengeluarkan surat ketetapan sebagai DPO,” tegas Andi Hairil Akhmad.

Andi Hairil menerangkan, setelah gagal dilakukan eksekusi, Jaksa Eksekutor kemudian melakukan tindakan pencekalan terhadap terpidana Panca Trisna yang saat ini keberadaanya belum diketahui.

“Pencekalan kita lakukan, karena dikhawatirkan terpidana melarikan diri keluar negeri. Pencekalan dilakukan kerjasama dengan Imigras,” kata Kasi Intel Kejari Bone ini.

Terpidana diketahui telah dinyatakan bersalah melanggar pasal 266 ayat (1) dan (2) KUHP sesuai putusan Pengadilan Tinggi No 59K/Pid/2022 tertanggal 26 Januari 2022 dan dijatuhi hukuman 2 tahun penjara.

Dimana Terpidana Panca Trisna, diketahui telah mengklaim sebuah lahan dengan menggunakan akta palsu disebuah kawasan pergudangan di Kawasan Industri Makassar. (Jay)