Ditetapkan di Musdalub, Apdesi Sulsel Punya Nahkoda Baru Periode 2022-2027

  • Whatsapp
Ditetapkan di Musdalub, Apdesi Sulsel Punya Nahkoda Baru Periode 2022-2027

Makassar,Upeks.co.id— Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Sulawesi Selatan menggelar musyawarah daerah luar biasa (Musdalub) di sebuah hotel jalan Somba Opu, Kota Makassar, Selasa, (28/6) siang. 

Sebanyak 12 perwakilan kabupaten dari 21 kabupaten di Sulawesi Selatan ikut dalam musyawarah kali ini. 

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Jenetallasa Rumbia Jeneponto Basir Suaming ditunjuk sebagai ketua Steering Commitee dan didampingi Kepala Desa Padangloang Alau, Muh.Daiz Labanci., dan Kepala Desa Selayar, Andi Alang.

Hasil musyawarah tersebut menetapkan Jufri Lau asal Jeneponto sebagai ketua Apdesi Sulsel terpilih untuk priode 2022-2027. 

Sementara, Sahar Liu asal Kabupaten Gowa sebagai ketua harian Kepala Desa Paconne Kabupaten Luwu, Haeruddin sebagai sekertaris dan Lenny asal Kabupaten Maros sebagai bendahara.

Hasil Musdalub tersebut secara otomatis menggungurkan Musyawarah Daerah IV Apdesi Sulawesi Selatan yang dilaksanakan di Hotel Aerotel Smile Makassar pada Kamis 9 Juni lalu. 

Ketua terpilih Apdesi Sulsel pada Musdalub 2022, Jufri Lau, menggantikan Sri Rahayu Usmi yang telah menjabat Ketua Apdesi Sulsel periode 2017-2022.

“Secara organisasi Ad/Art itu adalah kitab sucinya lembaga dan dalam pasal 8 Ayat 3 sudah sangat Jelas ditegaskan yang berhak menjadi unsur pimpinan atau ketua adalah yang masih menjabat sebagai kepala Desa,” kata Basir Suaming sebagai ketua Steering Commitee.

Sementara itu, ketua terpilih, Jufri Lau bakal menjadikan Apdesi Sulsel sebagai wadah untuk kepala desa berbagi harapan dan berbagi keresahan sehingga dapat memunculkan solusi. Bahkan, terkait persoalan hukum yang kerap menyandung seorang kepala desa. 

“Saya berharap sebagai ketua Apdesi terpilih, akan lakukan kolaborasi untuk memperbaiki Apdesi jauh lebih baik lagi. Kita tau sama-sama, Apdesi atau organisasi ini, mestinya menjadi payung untuk melindungi teman-teman se profesi kita dan menjadi tempat menampung keresahan atau harapan – harapan kepala desa termasuk aparat desa yang ada di Sulsel,” kata Jufri

Untuk diketahui, pada acara Musdalub tersebut hadir pula  ketua Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia (PABPDSI) provinsi Sulawesi Selatan, Amiruddin Sidja., Ketua Badan Kepala Desa Pemuda Pancasila Sulawesi Selatan, Andi Lunding dan beberapa perwakilan organisasi menyangkut desa dan aparat desa. (***)