Dampingi JCH Papua, Kakanwil Kemenag Pendeta Amsal Yowei Pesan Jaga Etika dan Kerjasama

Dampingi JCH Papua, Kakanwil Kemenag Pendeta Amsal Yowei Pesan Jaga Etika dan Kerjasama

Makassar, Upeks.co.id–Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Papua Pendeta Amsal Yowei didampingi  sejumlah pejabat Pemprov, Pemda dan delapan Kepala Kantor Kemenag di Papua mendampingi Jemaah Calon Haji (JCH) masuk Embarkasi Makassar, Selasa (28/6/2022).

Kepada jemaah yang tergabung dalam Kloter 15 yang didominasi suku Bugis Makassar ini, Pdt. Amsal Yowei berpesan agar jemaah tetap menjaga etika, menjaga kerjasama dan menjaga kondisi kesehatan.

Bacaan Lainnya

“Bapak ibu ini adalah duta-duta Indonesia. Jaga etika, jaga marwah kita. Ada banyak suku dan budaya kita yang patut menjadi contoh, panutan dan teladan bagi yang lain. Tolong ini dijaga. Bapak ibu adalah orang yang mendapat anugerah sehingga dipanggil oleh Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa untuk melaksanakan ibadah haji. Jangan sia-siakan kesempatan ini, semoga menjadi haji yang mabrur,” harapnya.

Saat menyerahkan jemaahnya ke Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Pdt. Amsal Yowei menyebutkan 393 JCH berasal dari berasal dari 8 Kabupaten / Kota Provinsi Papua Terdiri Kota Jayapura 128 orang, Kabupaten Mimika (150), Kabupaten Jayapura (25), Nabire (56), Jayawijaya (10), Asmat (10), dan Paniai (3).

Selanjutnya, Keerom 5 orang, Kabupaten Biak dan Deiyai masing-masing satu orang ditambah empat petugas kloter. Satu kloter dari Papua lainnya 102 orang tergabung dalam kloter 16, dijadwalkan masuk asrama Haji keesokan harinya.

Sementara Kepala Bidang Pembekalan PPIH Embarkasi Makassar H Faturrahman dalam sambutannya mengungkapkan, ada tata tertib yang harus dipatuhi oleh JCH selama kurang lebih 24 jam keberadaannya di Asrama Haji Makassar.

“Bapak ibu selama di Asrama. Haji Sudiang  dilarang berinteraksi dengan orang lain, dengan pengantar dan pegunjung. Tentu ini untuk menjaga kesehatan bapak ibu ditengah pandemi covid-19 saat ini. Kasihan kalau bapak ibu batal berangkat karena tiba-tiba positif covid, ” kata Faturrahman, Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Sulsel ini.

JCH kloter 15 ini rencananya akan diterbangkan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar menuju Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah pada tanggal 29 Juni 2022 pukul 15.10 Wita.