Antisipasi Bencana Alam di Wilayah Binaannya, Serka Wawan Ajak Warga Gotong Royong

  • Whatsapp
Antisipasi Bencana Alam di Wilayah Binaannya, Serka Wawan Ajak Warga Gotong Royong

Selayar,Upeks.co.idSetiap musim penghujan di berbagai wilayah di tanah air, baik di kota maupun desa sering dilanda bencana banjir dikarenakan buruknya saluran air, ataupun terjadinya pendangkalan, penyempitan sungai, sehingga air hujan tidak bisa mengalir dengan lancar.

Mengantisipasi hal tersebut, Serka Wawan, Babinsa 1415-01/Bontosikuyu,  Kelurahan Putabangun, Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar bersama warga Binaan bergotong royong mengangkat material sampah yang menghalangi aliran Air di sungai, Sabtu (25/6/2022). 

Bacaan Lainnya

Serka Wawan mengatakan, pentingnya peran masyarakat untuk peduli dengan kondisi lingkungan. Karena jika sungai kotor  bakal berpotensi terjadinya banjir, untuk itu masyarakat harus menjaga lingkungan tujuannya agar tidak terjadi banjir. “ Jika saluran air tersumbat,  maka segera dibersihkan, tujuannya agar tidak terjadinya banjir,” katanya. 

Menurutnya, masyarakat memiliki peran penting dalam mengatasi banjir.  Salah satu langkah yang dilakukan adalah menjaga lingkungan sekitar termasuk kebersihan sungai agar tidak mudah terjadinya banjir akibat luapan  air.  

“Saya menghimbau kepada masyarakat untuk selalu memelihara kebersihan lingkungan, karena ini musim hujan,” ujarnya.

Lanjut dikatakan, bergotong royong bersama masyarakat membersihkan drainase merupakan perilaku sosial yang mana dibekali setiap anggotanya  ditugas menjadi Babinsa. ini adalah bagian dari karya bakti TNI terhadap masyarakat.

“Kegiatan yang dilakukan ini adalah tugas TNI untuk membantu masyarakat sehingga terjalin hubungan yang baik antara TNI dan masyarakat, dan kepada masyarakat agar benar-benar peduli terhadap lingkungan sekitar. Kalau ada saluran air yang tersumbat, hendaknya segera bersihkan,  jika memang membutuhkan tenaga TNI, silahkan koordinasi dengan Babinsa, nanti akan dilaporkan kepada Komandan Kodim 1415/Sly,” tutur Wawan. (Sya)