Wujudkan Pangkep Bersih, Kelurahan di Kecamatan Pangkajene Sediakan Kontainer Sampah

  • Whatsapp
Wujudkan Pangkep Bersih, Kelurahan di Kecamatan Pangkajene Sediakan Kontainer Sampah

PANGKEP,UPEKS.co.id— Kecamatan Pangkajene menjadi daerah percontohan pengelolaan sampah di Pangkep. Kelurahan di kecamatan Pangkajene menyediakan kontainer sampah.

Hal itu, sebagai bukti komitmen dan kolaborasi dalam pengelolaan sampah di Pangkajene untuk mendukung Pangkep bersih.

Bacaan Lainnya

Camat Pangkajene, Wirawan mengatakan, Untuk memudahkan proses pengangkutan sampah di tahun 2022 pihak kecamatan menyiapkan satu unit kontainer sampah di setiap kelurahan dan akan terus bertambah setiap tahunnya.

“Tahun ini kita mulai siapkan kontainer di empat kelurahan yang menjadi sentra pemukiman padat, yakni Jagong, Padoang doangan, Tumampua dan Mappasaile,” ujar Wirawan.

Lebih jauh dijelaskan jika untuk pengelolaan sampah, pihaknya menjamin melalui dana kelurahan yang akan terus disiapkan secara berkesinambungan tiap tahunnya.

Saat ini setiap kelurahan di kecamatan Pangkajene sendiri telah memiliki 3 unit motor pengangkut sampah untuk mendukung mobilisasi dan pengangkutan dari rumah warga.

Pihaknya pun berharap terjalin komunikasi yang baik antara petugas lingkungan hidup dan tingkat RW bisa terjalin baik agar program Pangkep Bersih, khususnya di kecamatan Pangkajene bisa berjalan maksimal.

“Kami ingin menjadi pilot Project untuk pengelolaan sampah daerah,” ujar Wirawan.

Penyerahan konteiner sampah oleh Kadis DLH didampingi Camat kepada lurah se kecamatan Pangkajane, di halaman kantor camat Pangkajene, Sabtu(28/5/22) lalu.

Kadis Lingkungan Hidup, Thamrin Taba menjelaskan jika saat ini upaya pengelolaan sampah daerah terus dibenah pemerintah, salah satunya dengan membangun sinergi antara seluruh lapisan pemerintahan mulai dari tingkat kecamatan hingga RT dan RW.

“Hari ini kita coba sinergikan pihak dinas, kelurahan dan stekholder di kecamatan Pangkajene menjadi bagian dari upaya penanganan dan pengelolaan sampah wilayah,” ujar Thamrin Taba.

“Secara teknis pengelolaan sampah nantinya akan ditangani dari tingkat RW, kemudian di tingkat kelurahan yang ada di masing masing kecamatan, diatur dengan baik termasuk penggunaan kontainer sampah yang baru,” tambah mantan Camat Bungoro tersebut. (Sah)