UNM Siap Fasilitasi Tempat Silaturahmi Nasional Tokoh Selayar

  • Whatsapp
UNM Siap Fasilitasi Tempat Silaturahmi Nasional Tokoh Selayar

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam siap mendukung rencana silaturahmi dan temu nasional tokoh dan masyarakat Selayar di Kota Makassar.

Guru besar Bidang Teknologi Industri Pertanian itu siap memfasilitasi lokasi acara di Ruang Teater Gedung Pinisi Jl AP Pettarani Makassar.

Bacaan Lainnya

Prof Husain menerima kunjungan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Masyarakat Selayar. Pertemuan berlangsung di ruang kerja Rektor UNM Gedung Pinisi Lantai 7 Senin (9/5/2022).

Hadir Ketua Umum DPP Permas Syamsu Rizal, Sekretaris Umum Andi Umar. Mereka disambut Prof Husain, didampingi Wakil Rektor I Prof Hasnawi Haris, WR2 Karta Jayadi.

“Kita telah menemui Pak Rektor. Alhamdulillah beliau siap mendukung. Beliau berharap Permas mudah-mudahan bisa berkontribusi, Permas jadi organisasi terdepan dan jadi teladan,” kata Deng Ical kepada wartawan seusai pertemuan.

Mewakili masyarakat Selayar, Deng Ical menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerja sama Prof Husain Syam.

Acara silaturahmi dan temu nasional tokoh masyarakat Selayar akan digelar di Ruang Teater Gedung Pinisi UNM Lantai 3 Jalan AP Pettarani Makassar.

Bagi Deng Ical, UNM sebagai perguruan tinggi punya andil besar dalam mencetak SDM unggul dan tenaga-tenaga pendidik andal untuk Indonesia Timur, termasuk Selayar.

Dalam kesempatan itu Deng Ical dkk juga membincangkan potensi kerja sama antara Selayar, Permas, dan UNM. Bagi Permas, UNM salah satu perguruan tinggi yang ikut mencerdaskan SDM asal Bumi Tanadoang. Sudah ribuan SDM Selayar menimba ilmu dan pengetahuan di kampus Oranye itu.

Deng Ical sendiri menyelesaikan pendidikan S2 dan S3 di UNM. Sebelumnya diberitakan tokoh dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar akan menggelar silaturahmi dan temu nasional di Kota Makassar Minggu (15/5/2022) pekan depan.

Kegiatan nasional itu dipelopori oleh Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Masyarakat Selayar Periode 2021-2026 (DPP Permas).

Silatnas berencana mengundang tokoh-tokoh dan masyarakat Selayar dengan menggagas tema “Akmunte sibatu akbulo sibatang” yang mengandung unsur kearifan lokal Bumi Tanadoang.

Ketua Umum DPP Permas Syamsu Rizal MI mengatakan pertemuan tersebut bertujuan mengeratkan silaturahmi dan menghimpun tokoh-tokoh Selayar di perantauan.

Selain itu diharapkan terjadi Pertukaran Sumberdaya (sharibng resources), baik antarmasyarakat Selayar, para perantau maupun dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Deng Ical, sapaan, mengatakan warga Selayar tercatat sekitar 60 ribu warga di Makassar dan Sulsel.

“Di Sulawesi tenggara, Lombok, Bali, Surabaya, Jakarta, hingga Kepulauan Riau, sampai Malaysia adalah kantong-kantong perantau warga dan keturunan Selayar, jumlahnya diperkirakan hingga seratusan ribu,” kata Deng Ical.

Mantan Wakil Wali Kota Makassar itu melanjutkan, silaturahmi dan temu nasional itu akan mengundang sejumlah akademisi dan pakar berdarah Selayar.

Mereka akan diundang jadi pembicara membahas potensi dan kekayaan Selayar dan kontribusi Permas untuk kemajuan Selayar.

DPP Permas telah membentuk panitia pelaksana untuk gelaran silaturahmi dan temu nasional tersebut.

Ketua Panitia, Nur Kamar berkomitmen terus mematangkan persiapan dengan menggelar rapat di Redcorner Cafe Jalan Yusuf Dg Ngawing Makassar Minggu (8/5/2022).

Dari Silatnas diharapkan diikuti dengan pertemuan-pertemuan dan komitmen saling mengisi, baik dalam bisnis, sosial maupun pengembangan sumber daya manusia. (rls)