Uang Panai Putri Danny Pomanto Diserahkan ke Baznas Makassar

Uang Panai Putri Danny Pomanto Diserahkan ke Baznas Makassar

MAKASSAR, Upeks — Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyerahkan ke Badan Zakat Nasional (Baznas) Kota Makassar

Uang mahar anaknya Aura Aulia Imandara Ramdhan.

Bacaan Lainnya
 

Penyerahan yang dirahasiakan besarannya tersebut dilakukan dalam acara akad nikah yang digelar di Uppehill Convention Hall, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar Sulawesi Selatan, Jumat, (6/5/2022).

Hal tersebut diserahkan langsung oleh Danny Pomanto sebagai infaq kepada Ketua Baznas Makassar Azhar Tamanggong sebelum prosesi akad digelar.

Dalam sambutannya, Danny Pomanto menyebut penyerahan infak uang panai merupakan bagian dari program Baznas.

“Zakat uang Panai, ini program Baznas. Wali kota Makassar perlu menjadi contoh maka kami memulai hari ini,” ujar Wali Kota Makassar dua periode ini.

Sebelumnya, Danny mengatakan, uang belanja yang diberikan pengantin pria ke pengantin perempuan dianjurkan separuhnya untuk bersedekah.

“Kalau mau menikah dapat berkah, menikah kan ada namanya akad, ikatan, kalau mau lestari disempurnakan dengan zakat,” kata Danny.

Sifatnya tidak dipaksa, namun pasangan yang ingin menikah dan agar rezeki rumah tangga calon pengantin dapat berlipat ganda setelah menjadi pasangan suami istri maka dianjurkan untuk berzakat.

Sebelumnya, Ketua Baznas Kota Makassar, Ashar Tamanggong menyebut, pihaknya masih dalam tahap sosialisasi agar warga yang akan menikah bisa menyisihkan 2,5 persen uang Panai untuk infak.

“Kalau uang panai-nya Rp100 juta, keluarkan Rp2,5 juta ke Baznas. Nanti kita salurkan lagi ke dhuafa,” ujar Azhar Tamanggong.

Untuk, besaran uang Panai Aura Aulia Imandara Ramdhan sendiri juga hingga saat ini masih menyimpan tanya. Sempat viral Rp3 miliar, namun pihak keluarga menampik hal tersebut.

Ashar Tamanggong mengatakan, niatan Danny ini memang sudah disampaikan jauh hari sebelum akad nikah putrinya dilaksanakan. Sumbangan dalam bentuk infak diserahkan sebesar 10% dari total uang panaik putrinya.

“Jadi ini ide awalnya lahir dari Pak Wali bahwa insyaallah kalau menikah putrinya, uang panaik-nya itu akan diinfakkan di Baznas,” tandasnya.(rls)