Tim PKM Dosen Seni Rupa UNM Latih Cetak Sablon Kelompok Pemuda Knd Art Production di Majene, Sulawesi Barat

  • Whatsapp
Tim PKM Dosen Seni Rupa UNM Latih Cetak Sablon Kelompok Pemuda Knd Art Production di Majene, Sulawesi Barat

 

Makassar, Upeks — Kelompok pemuda sebagai generasi penerus bangsa dan negara perlu dibekali berbagai keterampilan hidup sebagai bekal untuk bekerja dan menciptakan lapangan kerja. Keterampilan cetak sablon merupakan keterampilan yang banyak dibutuhkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan di Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), masih banyak kelompok pemuda yang tidak mahir dan terampil dalam cetak sablon. Permasalahan yang dihadapi kelompok pemuda di Majene perlu dicarikan solusi agar pengetahuan dan keterampilan cetak sablon dapat meningkat. Hal ini sejalan dengan pesan Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) agar para pengabdi LP2M UNM datang dan hadir untuk memberi solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat Majene, Sulbar.

Sebagai solusi mengatasi permaslahan kelompok pemuda di Majene, Kaprodi S-2 Pendidikan Seni Rupa PPs UNM beserta anggota tim mengadakan pelatihan dengan judul PKM Keterampilan Cetak Sablon Terhadap Kelompok Pemuda Knd Art Production di Kabupaten Majene Sulawesi Barat. Pelatihan dilaksanakan pada Sabtu lalu, 29 Mei 2022 bertempat di Ruang Kelas di SMP Negeri 2 Majene.

Menurut Dr. Nurlina Syahrir, M.Sn., cetak sablon adalah keterampilan yang dapat diterapkan di berbagai media dan dapat dikerjakan di mana saja. Cetak sablon dapat juga menggunakan alat canggih seperti digital. Namun, dalam pelatihan ini hanya menerapkan cetak sablon yang sederhana dengan biaya murah dan dapat memeroleh hasil luar biasa.

“Cetak sablon sederhana digunakan untuk mencetak baju kaos untuk pakaian seragam atau organisasi, kemasan plastik atau kertas sesuai dengan fungsinya. Intinya, cetak sablon dapat diterapkan di berbagai media dan bahan, seperti pada kain, baju kaos, plastik, dan kertas,” jelas mantan Dekan FSD UNM.

Lanjut kata Nurlina Syahrir, cetak sablon sangat bermanfaat untuk dikatihkab pada masyarakat, seperti kelompok pemuda, remaja putus sekolah, para pengangguran, dan lain-lain untuk menunjang kebangkitan kewirausahaan masyarakat. Dalam pelatihan ini, Nurlina Syahrir didampingi Drs. Lanta, M.Pd. yang dikenal sebagai dosen pengampu mata kuliah cetak sablon.

Knd Art Production sebagai sanggar kreatif seni di Majene telah berkiprah di bidang cetak sablon. Pelatihan ini memilih peserta dari anggota Knd Art Production Majene karena dinilai masih perlu memeroleh bimbingan dalam bentuk pelatihan sehingga produk cetak sablon yang dihasilkan lebih berkualitas.(rls)