Peringati Hari Buku Nasional, Ratusan ASN Maros Wakafkan Buku

  • Whatsapp
Peringati Hari Buku Nasional, Ratusan ASN Maros Wakafkan Buku

MAROS,UPEKS.co.id— Bertepatan dengan Hari Buku Nasional, Pemkab Maros menerima ratusan wakaf buku dari para ASN Maros.

Seperti pada upacara Hari Kesadaran Nasional dirangkaikan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), dan Hari Buku Nasional di Lapangan Pallantikang, Senin, 17 Mei 2022. Setiap peserta upacara datang dengan minimal satu buku.

Bacaan Lainnya

Para ASN memasukkan buku ke dalam boks yang telah disediakan. Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros, Amiluddin, mengatakan jumlah buku yang berhasil terkumpul hari ini sebanyak 478 buku.

“Kami menargetkan ada 6.225 buku yang terkumpul, seperti jumlah ASN yang ada di Maros,” katanya.

Selanjutnya buku – buku tersebut akan didonasikan ke perpustakaan sekolah, perpustakaan desa, hingga taman baca yang ada dimasyarakat.

“Kita telah melakukan peninjauan, dari 103 desa baru sekitar 45 yang memiliki perpustakaan, itulah yang membuat kami berinisiatif untuk membuat gerakan wakaf ini,” jelasnya.

Jenis buku yang diwakafkan pun bebas, yang penting masih layak baca.

“Ada buku fiksi dan juga non fiksi, ada juga beberapa buku pelajaran cuman sudah tidak layak karena buku kurikulum lama,” bebernya. Tak hanya ASN, untuk masyarakat yang ingin berkontribusi juga boleh.

“Bisa datang membawa bukunya ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Maros,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Maros, Chaidir Syam, berharap  membaca bisa menjadi gaya hidup di Maros, dan tidak ada lagi kendala untuk membaca.

“Orang yang gemar membaca memiliki keunggulan secara personal, profesional, maupun sosial. Sementara orang yang kurang membaca, memiliki risiko tinggi mengalami kegagalan dalam ketiga ranah tersebut,” tutupnya.

Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari hingga Ketua DPRD Maros, Andi Patarai Amir pun ikut mewakafkan buku.

Suhartina mengatakan hal ini dilakukan agar dapat menjadi contoh bagi para ASN. “ Satu buku satu ASN saya rasa tidak akan memberatkan,” katanya. (***)