Menag Tekankan Madrasah Gunakan Rapor Digital

  • Whatsapp
Menag Tekankan Madrasah Gunakan Rapor Digital

MAROS,UPEKS.co.id— Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Maros, menekankan kepada seluruh madrasah di Kab. Maros menerapkan aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) mulai semester Genap tahun ajaran 2021/2022 ini.

Hal itu ditekankan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Maros, Abd Hafid M Talla, saat membuka kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) penggunaan aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM), di Baruga Utama Bantimurung, Jumat (20/05/2022).

Bacaan Lainnya

“RDM, adalah wujud transparansi komunitas Madrasah. Kita harus mengikuti perkembangan dan memanfaatkan teknologi,” ujar Abd Hafid Talla, yang mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang dimotori Forum Komunikasi Operator Madrasah (FKOM) Kabupaten Maros ini.

Ketua Panitia yang juga adalah Kepala Forum Komunikasi Operator Madrasah se-Maros, Rahmani S.PdI, menyebutkan, jumlah peserta bimtek sebanyak 115 orang dari MA, MTs, dan MI se-Kab. Maros.

“Kegiatan ini berdasar pada Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Nomor: B-1726/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/06/2021 Tanggal 11 Juni 2021, tentang Aplikasi Rapor Digital Madrasah,” jelaanya.

Dikatakan, sejatinya, aplikasi ini sudah ada sejak semester ganjil 2020/2021 namun belum maksimal. Sehingga, untuk Kab. Maros, ditekankan sudah memakai RDM semester genap 2022 ini.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Dr H Abd Kadir, zaman digital saat ini segala hal memakai sistem digital, termasuk dalam dunia pendidikan, mulai dari data emis, ujian, hingga rapor.

“Meski semua digital kita harus tetap merujuk aturan yang ada. Oleh karena itu menjadi perhatian kita adalah waktu penginputan harus lebih awal sampai batas waktu yang ditentukan. Dicatat dengan valid sesuai data yg sahih, jangan ditambah jangan dikurangi,” ujar Abd Kadir. (suk)