Mahasiswa KPI UIN Alauddin Raih Juara I Duta GenRe Sulsel 2022

  • Whatsapp
Mahasiswa KPI UIN Alauddin Raih Juara I Duta GenRe Sulsel 2022

Makassar, Upeks.co.id–Salah seorang Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), UIN Alauddin berhasil keluar sebagai Juara I Duta Generasi Berencana (GenRe), Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) 2022.

Adalah Putri Kumalasari Sultan. Mahasiswa yang juga merupakan pengurus HMJ KPI ini adalah perwakilan dari Kabupaten Wajo. Ia berhasil keluar sebagai Juara I setelah mengalahkan delegasi setiap Kabupaten/Kota yang ada di Sulsel.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang diadakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulsel ini diselenggarakan di Travelers Hotel Phinisi, Kota Makassar, 13 hingga 15 Mei 2022.

Duta Genre sendiri kata Kumalasari, merupakan program dari BKKBN RI untuk menyiapkan kehidupan bagi remaja melalui empat substansi program GenRe, diantaranya kependudukan, kesehatan reproduksi, penyiapan kehidupan berkeluarga dan life skill.

“Duta Genre nantinya akan bertugas

mengkampanyekan TRIAD KRR atau tiga ancaman dasar remaja mengenai kesehatan reproduksi. Yakni, pernikahan dini, seks bebas, dan Napza,” tuturnya.

Sekadar diketahui, TRIAD KRR adalah tiga resiko yang dihadapi oleh remaja, yaitu Seksualitas, HIV/AIDS dan Napza. KRR merupakan kepanjangan dari Kesehatan Reproduksi Remaja.

“Menjadi remaja adalah masa keemasan, mari mengisi masa remaja dengan kegiatan produktif dan inovatif, menjadi remaja yang terencana dan berencana karena berencana itu keren,” pungkasnya.

Pemilihan Duta GenRe sendiri bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemberian akses informasi, pendidikan, konseling, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial bagi remaja.

GenRe merupakan program yang dikembangkan oleh BKKKBN yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa terutama di kalangan generasi muda atau remaja di Indonesia.(rls)