Dishub Bulukumba Latih Nelayan untuk Keselamatan di Laut

  • Whatsapp
Dishub Bulukumba Latih Nelayan untuk Keselamatan di Laut

BULUKUMBA, UPEKS – Dinas Perhubungan Bulukumba bekerja sama dengan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar melaksanakan kegiatan pelatihan Basic Safety Training Kapal Layar Motor (BSTKLM) kepada 91 nelayan Bulukumba dan Bantaeng.

Kegiatan pelatihan berlangsung, 30 Mei hingga 4 Juni 2022 mendatang, di Hotel Arini 2, jalan Lanto Dg Pasewang Bulukumba.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Dinas Perhubungan, Idham Khalid Dg Patunru mengatakan, kegiatan yang dilakukan pihaknya ini untuk

memberikan bekal ilmu, meningkatkan kompetensi dan keterampilan di bidang kelautan serta meningkatkan taraf hidup nelayan dan lebih khususnya untuk keselamatan mereka saat melaut.

“Diharapkan bisa meningkatkan kompetensi dan kemampuan peserta diklat, sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap  program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim Dunia,” jelas Idham.

Idham mengaku, banyak kejadian nelayan tenggelam, hilang di laut karena tidak memiliki pengetahuan dasar keselamatan.

Sehingga kedepannya, dengan bekal ilmu yang didapatkan selama pelatihan, bisa meminimalisir kecelakaan dalam bertransportasi atau saat menangkap ikan di laut.

“Mereka akan dilatih berenang, memadamkan api dan sebagainya, serta dasar-dasar keselamatan,” kata Idham.

Panitia Kegiatan BSTKLM, Fathul Ikhsan mengatakan kegiatan ini gratis, tidak dipungut biaya sepeser pun.

Seusai kegiatan, peserta diklat akan menerima sertifikat sebagai tanda mereka lolos menjadi peserta.

“Sertifikat itu sebagai tanda mereka telah cakap dalam penyelamatan dan menguasai tehnik pertahanan diri di laut,” kata Fahril Ikhsan.

Diketahui Dinas Perhubungan Bulukumba saat ini aktif membangun jaringan dan kerjasama dengan instansi lain yang terkait, baik itu untuk urusan bidang perhubungan darat, maupun perhubungan laut. (sufri)

————————