Dinas Peternakan Awasi Ketat Ternak Sapi

Dinas Peternakan Awasi Ketat Ternak Sapi

 

PAREPARE, Upeks—-Merebaknya kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan, membuat dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP) kota Parepare, Sulawesi selatan , intens melakukan pemantauan hewan ternak untuk mencegah masuknya pmk di kota Parepare. Senin (16/5/2022).

Bacaan Lainnya

Dinas pkp kota Parepare bersama dengan timnya, kini lebih mengintensifkan pemantauan hewan ternak ke sejumlah peternak sapi dan kambing yang ada di kota Parepare. Menyusul masuknya penyakit pmk yang menyerang hewan di beberapa daerah di Indonesia.

Sementara itu kepala dinas pkp Wildana mengatakan, peningkatan itu dilakukan guna mencegah atau mengantisipasi masuknya penyakit pmk di kota Parepare.

“kita turun dalam rangkaian pengawasan kesehetan ternak pada sentra-sentra pternakan ini juga terkait dengan isu pmk yang secara nasional, jadi kita turun lebih menambah frekuensi pemeriksaan kesehatan, selain itu kita juga mengoptimalkan call nak center yang selama ini pelayanan mobile 24 jam,” kata Wildana.

Selain itu kata Wildana, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak Karantina pertanian Parepare bahwa akan diperketat lalulintas ternak di Parepare.

“kami ada kesepakatan dengan Karantina Pertanian Parepare, bahwa untuk sementara kami perketat pemeriksaan lalulintas ternak, mengingat Kota Parepare ini pintu keluar masuk ternak,”lanjut Wildana.

meski hingga kini kasus pmk di kota Parepare belum ditemukan, namun pihaknya tetap melakukan sejumlah upaya-upaya pencegahan.

Selain memantauan kondisi kesehatan hewan ternak , petugas pkp juga intens memberikan sosialisasi kepada para peternak ataupun pedagang sapi dan kambing, agar dapat memahami cara mencegah penyakit pmk.

Dinas pkp juga menyiagakan call nak center jika ada laporan warga terkait dengan gangguan kesehatan hewan ternak. (Ama)