Buku Prof Haedar Nashir Bahas Tiga Poin Buat Indonesia

Buku Prof Haedar Nashir Bahas Tiga Poin Buat Indonesia

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Haedar Nashir meluncurkan bukunya dengan judul “Indonesia Ideologi dan Martabat Pemimpin Bangsa” di Balai Sidang Unismuh Makassar, Minggu (15/5/2022).

Prof. Haedar Nashir menyebutkan dalam buku tersebut memiliki tiga Point yang menjadi pembahasan. Pertama terkait ideologi bangsa Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila, kedua Agama di Indonesia merupakan agama moderat, dan ketiga budaya bangsa.

Bacaan Lainnya

“Agar negara menjadi negara besar dan pada tahun 2035 memiliki ekonomi baik dan demokrasi, ketiga poin ini harus dirajut dengan baik,” ungkap Prof. Haedar.

Lebih jauh Prof. Haedar Nashir mengatakan kunci menjadi bangsa yang besar adalah para pemimpin bangsa ini pusat hingga ke bawah harus memiliki nilai utama yang tiga nilai tersebut 

“Saya percaya dengan kemampuan IPTEK para pemimpin kita itu hebat, saya percaya kemampuan daya nalar bagus tetapi yang diperlukan kedepan yaitu pemimpin punya martabat sehingga mereka tau persis bahwa ketauladanan kunci Indonesia ke depan,” tandasnya.

Senada yang diungkapkan Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Prof. Ambo Asse menyebutkan poin pertama yang dalam buku tersebut tentang kepemimpinan.

“Kepemimpinan tidak boleh dalam satu kelompok tapi kepentingan bangsa negara. Kedua menaati konstitusi, UUD 1445, dimana Pembukaan dan Batang Tubuh menjelaskan detail, dan jelas dan ketiga pelurusan sejarah Pancasila, kita ketahui Pancasila awalnya adalah piagam Jakarta dan ini memuat Pancasila, sejarah ini perlu diketahui dan dipahami,” ungkapnya.

Menurut Prof. Ambo Asse memiliki kedudukan tersendiri dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. “Negara ini berdiri berkat para pejuang dan tokoh-tokoh Islam dan perjuangan ditegakkan dengan kata Allahu Akbar,” tandas Prof. Ambo Asse. (aca)