AIA Minta Saudagar Bugis Makassar Kembali Bangun Tanah Kelahirannya

AIA Minta Saudagar Bugis Makassar Kembali Bangun Tanah Kelahirannya

MAKASSAR, UPEKS — Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Iwan Darmawan Aras menyebutkan Pertemuan Saudara Bugis Makassar (PSBM) XXII tahun 2022 yang berlangsung beberapa hari di Kota Makassar menjadi momentum.

Andi Iwan meminta seluruh saudagar yang hadir untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman kepada para calon saudagar yang baru.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan Andi Iwan, PSBM XXII tahun 2022 di Hotel Claro, Sabtu (14/5/2022). “Kami berharap PSBM ini menjadi momentum untuk bertukar pengalaman dan pengetahuan bagaimana membuka peluang usaha atau bisnis kepada para calon saudagar kita,” ujarnya.

Andi Iwan menegaskan Sulsel merupakan wilayah yang memiliki basis saudagar yang cukup besar yang tersebar di seluruh penjuru tanah air dan dunia. Olehnya itu diharapkan para saudagar di luar dari Provinsi Sulsel agar kembali ke tanah kelahirannya untuk membangun.

“Kami harap kembali untuk membangun Sulsel, karena Sulsel memiliki potensi besar dalam membangun usaha. Sulsel tidak boleh dikuasai oleh pengusaha dari luar kita harus membangun wilayah kita sendiri,” ungkap Andi Iwan.

Tidak hanya Sulsel, Andi Iwan mengatakan Saudagar Sulsel mampu membangun Indonesia. Untuk itu, sumbangsih pengusaha secara nasional masih 3 persen merupakan kesempatan para saudagar di Sulsel untuk lebih berkembang.

“Untuk menjadi negara maju, presentasi pengusaha sebesar 14 persen dari penduduk Indonesia. Sementara saat ini presentasi pengusaha kita baru 3 persen. Artinya, ini merupakan peluang untuk kita semua yang  mempunyai potensi,” tandanya.

Terkait dengan masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga sekarang. Saudagar Bugis Makassar harus mampu mendorong para pengusaha untuk kembali membangkitkan perekonomian. (aca).