86 CJH Kabupaten Enrekang Akan Diberangkatkan Juni 2022

86 CJH Kabupaten Enrekang Akan Diberangkatkan Juni 2022

ENREKANG,UPEKS.co.id— Kementerian Agama (Kemenag) Enrekang akan memberangkatkan Calon Jemaah Haji tahun 2022 sebanyak 86 orang. Jumlah ini hanya 46 persen dari kuota Haji Kabupaten Enrekang yang seharusnya diberangkatkan sebanyak 185 orang CJH.

Kepala Seksi Pelayanan Haji dan Umrah Kemenag Enrekang Drs. Fahkri Abbas, M. Pd mengatakan, pembatasan kuota itu dilakukan karena beberapa faktor diantaranya karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Itu artinya sebanyak 99 orang harus tertunda keberangkatannya sementara itu sudah 2 tahun keberangkatan CJH terpending karena Covid-19 sejak tahun 2020-2021.

“Ada juga batasan umur untuk pemberangkatan haji tahun ini yaitu usia 65 tahun ke bawah. Di atas 65 tahun keberangkatannya dipending dulu,” kata Fahkri.

“Yang terpending karena Covid-19 itu sekitar 300 lebih,” tambahnya.

Kasi pelayanan Haji dan Umrah Kemenag Enrekang ini mengatakan jadwal keberangkatan CJH Kabupaten Enrekang tanggal 16 Kini 2022 masuk kloter Makassar.

Tahapan pemberangkatan calon Jamaah Haji sampai saat ini adalah mereka telah melakukan vaksinasi Covid-19 lengkap, vaksin khusus CJH dan pengurusan paspor.

Dia menyampaikan agar para CJH Kabupaten Enrekang betul-betul mempersiapkan diri untuk melakukan ibadah di Tanah Suci.

“Diharapkan Jemaah kita tidak ada kendala masalah kesehatan, kemudian betul-betul ada kesiapan yang matang karena ini adalah menyangkut masalah ibadah dengan niat suci untuk beribadah disana. Intinya mereka harus siap lahir batin”. Ujar Fahkri.

Mengenai bawaan yang dibolehkan dibawah oleh CJH adalah bawaan yang tidak merepotkan seperti beras dan tidak melebihi batasan berat yang telah ditentukan.

Perlu diketahui biaya untuk menunaikan Ibadah haji reguler adalah sebesar Rp 42 juta dan harus menunggu giliran pemberangkatan selama 25 tahun, namun dia mengatakan tidak ada batasan usia untuk mendaftar sebagai Calon Jemaah Haji. (sry)