Pimpinan Baznas Enrekang Gelar Sosialisasi Zakat di Kodim 1419

  • Whatsapp
Pimpinan Baznas Enrekang Gelar Sosialisasi Zakat di Kodim 1419

ENREKANG,UPEKS.co.id— Bulan Ramadhan adalah bulan dimana amal kebaikan dilipatgandakan pahalanya termasuk ibadah harta, baik yang wajib seperti zakat, maupun yang sunnah seperti infak, sedekah, dan hibah.

Karena itu Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Enrekang memanfaatkan moment tersebut untuk melakukan sosialisasi urgensi zakat, baik dalam perspektif syariat maupun hukum positif.

Bacaan Lainnya

Bekerjasama  dengan Komandan Kodim 1419 Enrekang, Baznas berhasil melakukan sosialisasi di depan para prajurit, termasuk Bintara dan Tamtama, hadir pula para perwakilan dari masing-masing Koramil setiap kecamatan yang ada di Enrekang.

Hadir sebagai pemateri dalam acara sosialisasi tersebut adalah Pimpinan Baznas Enrekang, Baharuddin dan Dr Ilham Kadir. Acara dihelat di aula terbuka Kodim 1419 Enrekang, Rabu (13/4/2022).

Pimpinan Baznas yang membidangi pengumpulan, Baharuddin menjelaskan bahwa sosialisasi kali ini ada yang kedua kalinya di Kodim 1419 Enrekang.

“Ini adalah kali kedua Baznas adakan sosialisasi di tempat ini, semoga segenap prajurit bisa menyisihkan pendapatannya sebesar 2,5 persen untuk dikelola oleh Baznas, dan akan bekerjasama dalam program pendistribusian ya kelak,” Papar Baharuddin.

Selanjutnya, Dr Ilham Kadir yang menyampaikan materi “Fikih Zakat” menerangkan bahwa ibadah zakat adalah ibadah harta yang berdimensi sosial.

“Zakat adalah ibadah ‘maliyah iqtishadiyah’ atau ibadah harta yang berdimensi sosial. Karena itu sering kita jumpai ayat dalam Al-Quran yang menggandengkan salat dan zakat,” katanya.

Ia melanjutkan keterangannya bahwa ibadah salat akan sempurna jika disempurnakan dengan membayar zakat, baik zakat harta maupun zakat fitrah.

“Mari manfaatkan momentum bulan Ramadhan ini untuk menghitung-hitung penghasilan dan zakat harta kita, agar ibadah kita makin sempurna, dan jangan lupa, tunaikan zakat fitrah untuk menyempurnakan pahala puasa kita,” harap Guru Pondok Pesantren Darul Falah Enrekang ini. (Sry)