Mahasiswa Thailand dan Malasyia Berbagi Amalan Ramadhan

  • Whatsapp
Mahasiswa Thailand dan Malasyia Berbagi Amalan Ramadhan

 

Makassar, Upeks — Mahasiswa asal Thailand dan Malasyia jadi narasumber pada kegiatan podcast yang dilaskanakana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan FKIP UIM.

Bacaan Lainnya

Kehadiran Aishah dari Perguruan Tinggi Prince Of Songkla University Thailand, Dayangku Khaltielyia Binti Ag Omar dari University Utara Malasyia, dan Mega Seltia dari FKIP UIM.

Ketiga mahasiswa tersebut tampil secara virtual pada kegiatan podcast ramadhan dengan tema amalan khas ramadan yang dilaksanakan di halaman Fanspage Facebook FKIP UIM Keren.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIM Badruddin Kaddas mengatakan bahwa kegiatan podscast ini dilaksanakan sebagai upaya dalam mengembangkan kreativitas mahasiswa selama bulan suci ramadhan.

“Kegiatan dialog amalan bulan suci ramadhan ini diajadikan ajang untuk bersilaturahmi, sekaligus berbagi pengetahuan mengenai kebiasan-kebiasan yang dilakukan masyarakat yang ada di Indonesia, Thailand, dan Malasyia” Ungkap Badruddin Kaddas jelas Doktor Negeri Jiran Ini.

Lanjut Baddruddin mengatakan dengan adanya kegiatan ini maka sudah terjalin hubungan kemitraan dengan Prince Of Songkla University Thailand dan University Utara Malasyia dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIM.

“Dengan adanya kegiatan dialog mahasiswa, maka pada dasarnya kita sudah menjajaki pertukran mahasiswa, dan akan dilakukan study banding dengan dosen-dosen di FKIP dan itu sudah dikomunikasikan dengan pihak universitas di Thailand dan Malasyia, mudah-mudah akan segera terealisasi untuk menunjang program MBKM” ungkap Doktor Negeri Jiran ini.

Pembawa acara Kegiatan podcast FKIP UIM, Muh Ihkam Afandi dan Sulfa berdasarkan dengan hasil diskusi mengatakan bahwa amalan khas ramadhan antara Indnesia, Malasyia, dan Thailand memiliki banyak persamaan, termasuk jenis makanan, pada saat berbuka puasa, serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama ramadhan.

“Kita bisa melihat dari apa yang ditayangkan teman kita dari Prince Of Songkla University Thailand dan mahasiswa dari University Utara Malasyia bahwa kebiasan-kebiasan yang dilakukan masyaraka di Indonesia, Malasyia, dan Thailand kebanyakan memiliki kesamaan,” jelas Ihkam yang juga sebagai ketua PMMI Rayon FKIP UIM.

Usai melaksanakan obrolan podscast, FKIP UIM melaksanakan pembagian takjil bersama dengan pengguna jalan yang melintas di depan kampus Universitas Islam Makassar. Pada kesempatan itu FKIP UIM melaksanakan buka puasa bersama dengan sivitas akademika FKIP UIM di Masjid As Sahaba UIM. (rls)