Dandim: Mari Menjadi Anak Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

  • Whatsapp
Dandim: Mari Menjadi Anak Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

BANTAENG,UPEKS.co.id Dandim 1410/Btg Letkol Arm Gatot Awan Febrianto,S.Sos bersama rombongan kembali melaksanakan Safari Sholat Subuh di Masjid Nur Rahman, Jl. Sungai Bialo, Kelurahan Lembang, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Minggu(10/4).

Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu,Rigas Panawang Hakim S.Sos (Camat Bantaeng),Letda Inf Samsuddin (Plt Pasi Log),Pelda Haruddin (Batuud 1410-02/Eremerasa),Serka Hasbullah (Babinsa),Irvan Razak S.Sos (Sekertaris Lurah Lembang),H.Kamaruddin (Imam masjid),H.Sako (Tokoh Agama),Jabbar (Tokoh Masyarakat) dan 60 Jamaah Masjid Nur Rahman.

Bacaan Lainnya

Dandim 1410/btg Letkol Arm Gatot Awan Febrianto S.Sos mengatakan Dalam Hadist Qudsi Rasulullah menyampaikan kepada istri beliau Aisyah celakalah orang orang yang tidak bisa melihat wajahku kelak, yaitu mereka yang malas bersholawat saat namaku di sebut, setelah kita mengetahui dimana pun kita berada apabila di sebut nama Rasulullah maka harus kita Bersholawat, jangan sampai kita masuk golongan celaka.

Kami hadir di sini saling silaturahmi, jangan bermusuhan sekaligus perkenalan,saya sudah 10 bulan di Bantaeng sebagai Komandan Kodim Bantaeng, dalam silahturahmi ada 2 kebaikan yaitu memperpanjang usia dan melancarkan Rezeki kita.

Sekarang kita melaksanakan ibadah Bulan Suci Ramadan, mari kita optimalkan ibadah kita karena semua amalan dilipat gandakan, termasuk setannya di belenggu, pintu sorga di buka, karena tidak ada jaminan kita akan ketemu Bulan Suci Ramadan yang akan datang.

“Kita tidak tahu kapan kita mati, bagaimana kita mati dan di mana kita mati, ada beberapa contoh umat manusia proses meninggalnya berbeda beda: ada yang meninggal sementara beribadah (ada yang lagi sholat, mengaji, berceramah) dan ada juga yang meninggal sementara bermaksiat (ada meninggal di kamar hotel bersama perempuan pelacur, ada juga yang joget bersama biduan),” ujarnya.

“Marilah kita membiasakan mendoakan orang lain karena pada saat bersamaan malaikat yang mendoakan yang sama untuk kebaikan kita, jadi mari kita doakan para pemimpin kita dari paling tertinggi Presiden sampai paling bawah Lurah/Kades semoga dapat memimpin dijalan yang benar serta kita doakan para ulama, guru kita Alfatihah”.

“Mari kita menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua kita, dengan selalu mendoakan kedua orang tua kita semoga Allah SWT memberikan kasih sayang kepada orang tua/mertua kita seperti menyayangi kita sewaktu masih kecil, serta kita doakan keluarga kita semoga menjadi keluarga kita Sakinah, Mawadah, Warohmah, Alfatihah”.tandasnya.

Saya mengajak semua untuk memperbanyak Bersholawat, mari kita jadikan kelurahan/Desa menjadi kelurahan Bersholawat, buat pak Camat mari jadikan kecamatan Bantaeng menjadi kecamatan Bersholawat.

Apakah sudah ada Rasa Cinta dan Rindu kita kepada Rasulullah Muhammad SAW, mari kita semua bangkit dan kuatkan serta buktikan Rasa Cinta dan Rindu kita kepada Rasulullah Muhammad SAW dengan memperbanyak Bersholawat.

Sebelum kita cinta Rasulullah Muhammad SAW, beliau lebih dahulu mencintai umatnya, salah satu bentuk cinta Rasulullah pada umatnya, pada suatu saat Rasulullah tiba-tiba menangis, para sahabat bertanya ya Rasulullah mengapa engkau menangis, Rasulullah menjawab aku Rindu pada saudara saudaraku. Saudaraku adalah mereka yang beriman kepadaku tetapi tidak pernah melihatku.

Rasulullah menyampaikan aku simpan satu doaku yang kelak akan kupergunakan untuk memberikan syafaat pada umatku, beliau menyampaikan apakah syafaatku untuk ummat bertakwa tidak syafaatku juga untuk ummatku yang berdosa, jadi syafaat Rasulullah menjadi harapan bagi seluruh ummatnya.

Bukti cinta Rasulullah pada ummatnya, pada saat Rasulullah Muhammad Saw mengalami sakratul maut, masih mengingat umatnya dengan menyebut : Ummati, Ummati, Ummati, dan berdoa Ya Allah Ya Rab biar aku yang menanggung rasa sakit ummatku saat sakratul maut, karena umatku tidak akan sanggup menahan rasa sakit sakratul maut. 

Wajib kita bersyukur karena syafaat Rasulullah Muhammad Saw, Rasulullah tidak mau masuk sorga sendiri tapi beliau mau masuk sorga bersama umat nya, janji Allah SWT umat yang pertama masuk sorga yaitu umat Rasulullah.

“Mari ajarkan anak anak kita mengidolakan Rasulullah jangan ajari anak kita mengidolakan artis, dan merubah kebiasaan kita yang selalu menceritakan kejelekan orang menjadi membiasakan bersholawat, pesan Rasulullah perbanyaklah sholawat pada hari Jum’at, marilah kita menjadikan semua hari seperti hari Jum’at dengan perbanyak bersholawat”.

Kemudian kata dia,Ada satu amalan yang sama amalnya dengan melaksanakan Haji dan Umroh (Haji mabrur hadiah adalah Surga, Umroh diampuni dosa kita) saya mengajak jamaah untuk bisa melaksakan ibadah haji dan umroh gratis, yaitu marilah kita melaksanakan shalat subuh secara berjamaah lanjutan dengan berdiam diri didalam masjid (diisi dengan dzikir, tadarus atau ceramah ) sampai matahari terbit dan terakhir melaksanakan shalat Sunnah israq 2 rakaat.

Selanjutnya,dia juga Mensosialisasikan kepada warga kelurahan Lembang untuk mendaftar Komcad dengan persyaratan umur 18 – 35 tahun,tutup Awan.

Sementara itu,Muh Amir  sebagai Tokoh Masyarakat mengatakan Alhamdulillah luar biasa, saya sebagai warga Lembang mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Dandim karena meluangkan waktunya untuk shalat Subuh berjamaah di masjid Nur Rahmat dan Saya paling terkesan ajakan Pak Dandim untuk selalu bersholawat.

Setelah pelaksanaan Safari Subuh dilaksanakan,Dandim 1410/btg juga  memberikan sembako kepada kaum Dhuafa yakni Ibu Jumasiah. (Irwan Patra)