Baznas Salurkan Zakat Ke 2.750 Penerima Manfaat

  • Whatsapp
Baznas Salurkan Zakat Ke 2.750 Penerima Manfaat

MAROS , UPEKS– Bupati Maros, AS Chaidir Syam menghadiri pendistribusian Zakat Infaq Sedekah (ZIS) Ramadan untuk 2750 penerima manfaat se-Kabupaten Maros. Pendistribusian ini diserahkan kepada penerima manfaat di kantor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Senin (18/4/2022).

Bupati Maros, As Chaidir Syam sangat mengapresiasi kinerja dan keikhlasan baik Baznas dalam memberikan masukan kepada masyarakat untuk menyalurkan zakat. Menurutnya, Baznas merupakan tempat yang tepat dalam menyalurkan zakat.

Bacaan Lainnya

“ZIS ini adalah kewajiban kita bagi umat muslim agar disalurkan dengan tepat. Salah satu tempat yang tepat adalah Baznas, sebab Baznas menyalurkan zakat yang diberikan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan,” tuturnya.

Selain penyaluran di bulan Ramadan, Baznas juga aktif membantu masyarakat dalam berbagai bentuk. Seperti melakukan bedah rumah, membantu pengobatan, memberikan modal usaha, membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan pangan dan hal baik lainnya.

“Baznas benar-benar nyata dalam menyalurkan bantuannya. Bahkan sampai larut malam pun mereka tetap menyusuri pelosok untuk memberikan langsung ke masyarakat yang membutuhkan,” lanjutnya.

Chaidir terus mengajak masyarakat Maros dalam gerakan cinta zakat, berzakat tidak akan mengurangi harta tetapi menambah keberkahan. Seluruh ASN serta seluruh elemen masyarakat agar menyalurkan zakat, baik itu zakat fitrah, zakat penghasilan dan zakat mal melalui badan resmi yang telah ditunjuk oleh pemerintah, yakni BAZNAS Kabupaten Maros.

“ASN harus jadi percontohan bagi masyarakat umum. Kami akan mengeluarkan segera surat edaran ASN wajib berzakat 2,5 persen dari penghasilannya. Semoga gerakan cinta zakat bisa terus kita lakukan dan kesejahteraan masyarakat Maros bisa terus meningkat,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Baznas kabupaten Maros, Andi Said Patombongi menjelaskan, kegiatan pendistribusian ini dilakukan dengan tujuan meringankan beban penerima manfaat. Terlebih dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari di bulan Suci Ramadan ini.

“Tidak banyak, tetapi semoga masyarakat penerima manfaat tetap bisa bersyukur. Masih banyak yang belum tercover, meskipun begitu kita akan terus memaksimalkan penyaluran, jika belum tuntas di Ramadan kita akan lanjut setelah Ramadan,” sebutnya.

Pendistribusian kepada 2750 penerima manfaat ini diserahkan kepada masing-masing 10 penerima dari 103 desa/kelurahan Se-Kabupaten Maros. Selebihnya merupakan DLH, satpol PP, marbot masjid, non ASN juga Cleaning Service. Masing-masing menerima uang tunai sebesar Rp200 ribu per orang dengan total keseluruhan mencapai Rp400 juta.

“Tiap desa/kelurahan mengusulkan 10 warganya untuk menerima bantuan. Nama-nama warga ini berdasarkan informasi UPZ berkoordinasi dengan kepala desa,” tuturnya.(alfi)