Terus berbenah Diri, UPT RSUD Puang Sabbe Enrekang Semakin Dibanjiri Pasien

  • Whatsapp
Terus berbenah Diri, UPT RSUD Puang Sabbe Enrekang Semakin Dibanjiri Pasien

ENREKANG,UPEKS.co.id— Sejak di pimpin drg. Sri Siswaty Zainal, M. Adm. Kes, UPT RSUD Puang Sabbe Enrekang kini semakin maju. Dimulai dari adanya peningkatan SDM di RSUD Puang Sabbe dari 1 dokter menjadi 4 dokter Umum, saranan dan prasarana juga semakin memadai seperti pemeriksaan kandungan, laboratorium sederhana dan lain sebagainya termasuk ketersediaan sarana air bersih bagi pasien rawat inap.

Itu sebabnya saat ini  kunjungan pasien dirumah sakit tersebut semakin meningkat dari sebelumnya. Perlu di ketahui drg. Sri Siswaty Zainal adalah Kabid Pelayanan UPT RSUD Maspul, Enrekang kemudian dimutasi sebagai Direktur UPT RSUD Puang Sabbe awal tahun 2021.

Bacaan Lainnya

Sri Siswaty Zainal terus melakukan gebrakan, melakukan inovasi dan terus meminta dukungan semua pihak agar RS Puang Sabbe bisa dipercaya menjadi tempat kunjungan bagi pasien terutama yang berada di Duri Kompleks yang sebelumnya lebih cenderung berobat ke RSUD Lakipadada, Tana Toraja.

“Ada peningkatan kunjungan di RSUD Hj. Puang Sabbe sejak kita melakukan pembenahan. Masyarakat sudah mulai percaya jika di RSUD Puang Sabbe selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata pencetus Empati 2000 ini.

UPT RSUD Puang Sabbe juga sangat signifikan memberikan kontribusi PAD  dibidang kesehatan kepada Pemerintah Daerah. hal ini dapat dilihat dari peningkatan kunjungan pasien.

Tahun 2020 Rawat inap di RSUD Puang Sabbe berjumlah  208 pasien untuk kunjungan Poli dan rawat jalan 522 pasien. Tahun 2021 Kunjungan Poli meningkatkan menjadi 590 dan rawat inap 493 pasien.

Selain itu peningkatan kunjungan pasien di UPT RSUD Puang Sabbe dilihat dari peningkatan pemasukan seperti Dana umum pada tahun 2020 hanya sebesar Rp 5 juta, tahun 2021 meningkat menjadi 80 juta. 

Dana kapitasi JKN tahun 2020 dari Rp1,2 juta menjadi Rp 4 juta perbulan sedangkan dana non kapitasi JKN tahun 2020 dari Rp100 juta menjadi Rp150 juta.

Meningkatnya kepercayaan masyarakat untuk berobat di RSUD Puang Sabbe membuat drg. Sri selaku Direktur terus berbenah dan memacuh kinerjanya juga anggotanya.

Dia mengatakan semua keberhasilan itu adalah berkat dukungan semua pihak. 

Untuk itu mantan Kepala Puskesmas Kota Enrekang ini berjanji akan terus meningkat SDM, bekerjasama dengan spesialisasi dan akan berusaha menjadikan UPT RSUD Puang Sabbe dari D Pratama menjadi RSUD Tipe D.

“Untuk itu kami minta diberikan kesempatan dan mohon masukan sehingga kami selalu membenahi diri memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh masyarakat,” kata dokter Sri.

Direktur RSUD Puang Sabbe juha memohon kepada Pemerintah daerah untuk mensupport dengan memberikan dokter spesialis kepada Rumah Sakit Puang Sabbe.

Ada 4 dokter spesialis yang saya ini dibutuhkan oleh RS Puang Sabbe yakni dokter ahli penyakit dalam, dokter bedah, dokter kandungan dan dokter anak. (Sry)