Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944/2022, Umat Hindu di Kota Makassar Tanam Mangrove

  • Whatsapp
Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944/2022, Umat Hindu di Kota Makassar Tanam Mangrove

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Dalam rangka Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944/2022, ratusan umat Hindu di Kota Makassar yang tergabung dalam berbagai lembaga Agama dan Keagamaan Hindu tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Suslel) dan Tingkat Kota Makassar melakukan penanaman bibit mangrove di Kampung Bahari Nusantara, Untia, Biringkanaya, Makassar, Minggu (6/3/2022). 

Lembaga Agama yang dimaksud yakni  PHDI, WHDI, Prajaniti Hindu, Peradah Indonesia, KMHDI, Banjar Hindu dan lainnya. Ketua Pengurus Harian PHDI Sulawesi Selatan, I Nyoman Sumarya menyebutkan, kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari konsep ajaran yang dipercayai dalam agama Hindu, yakni Tri Hita Karana. 

Bacaan Lainnya

Tiga hubungan manusia dalam mencapai kebahagiaan. Kata I Nyoman Sumarya yakni hubungan yang harmonis antara manusia dengan sang pencipta, manusia dengan sesama dan hubungan harmonis antara manusia dengan alam lingkungan.

“Penanaman pohon (mangrove) ini sebagai salah satu bentuk hubungan baik antara manusia dengan alam yang dalam agama Hindu disebut palemahan,” ujar Nyoman Sumarya.

Sementara itu, Ketua PHDI Kota Makassar, Dewa Nyoman Mahendra Jaya mengatakan,  masih ada berbagai kegiatan lain yang masih akan dilaksanakan serangkaian Hari Raya Nyepi tahun ini. 

“Diantaranya bakti sosial seperti pemberian tali kasih/rsi yadnya kepada para rohaniawan, kepada anak-anak atau keluarga kurang mampu, donor darah dan penyediaan vaksin booster bagi masyarakat umum yang rencananya dilaksanakan di areal Pura Giri Natha Makassar,” tutupnya (Rasak)