Haidar Madjid Beri Motivasi ke Pemuda dalam Pelatihan Moral dan Etika Pemuda Angkatan I

  • Whatsapp
Haidar Madjid Beri Motivasi ke Pemuda dalam Pelatihan Moral dan Etika Pemuda Angkatan I

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Menyongsong HUT RI ke 100 yang disebut Indonesia Emas, Bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Pelatihan Moral dan Etika Pemuda Angkatan I di Hotel Almadera, Jalan Somba Opu, Makassar. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari yakni: 2-4 Maret 2022

Pelatihan yang mengangkat tema “Pentingnya Nilai Etik dan Moral Pemuda Masa Kini” ini menghadirkan Anggota DPRD Provinsi Sulsel asal Fraksi Demokrat, Haidar Madjid.

Bacaan Lainnya

Adapun peserta pelatihan terdiri dari Kader IPM,
Kader Pengembangan Moral Etika Pemuda Indonesia, Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN), Ikatan Duta Bahasa Sulselbar (Ikadubas),
Pemuda-i dari Kecamatan Biringkanaya, Kecamatan Tamalanrea, Kecamatan Panakkukang, serta Pemuda-i dari Kecamatan Manggala.

Haidar memberikan wejangan dan motivasi kepada para pemuda dan pemudi dalam menyonsong Indonesia Emas 2045. Menurutnya, sarat untuk merealisasikan Indonesia emas 2045 adalah generasi muda bersatu.

Haidar juga mengatakan jika seluruh masyarakat khususnya generasi muda bersatu maka Indonesia akan memiliki kekuatan yang sangat besar. Apalagi Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia.

“Generasi muda produktif diharapkan mampu memanfaatkan usia produktifnya itu dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif agar Indonesia mampu menuju usia emasnya di tahun 2045 mendatang,” jelas Haidar.

Kakak Haidar –sapaan akrabnya merasa bangga bisa hadir dalam pelatihan ini, terkhusus berbagi pengalaman. Terutama tentang pengalaman organisasi.

“Saya berorganisasi diawali sejak Kelas 1 SMP di Taruna Melati 1. Kala itu sebagai kader IPM Wilayah Maccini dan kemudian berproses dengan berbagai jenis organisasi hingga menjadi politisi dan terpilih menjadi anggota DPRD tiga kali,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Arwin Aziz menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini.

“Pemerintah Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan ini dengan tujuan, agar mampu melihat potensi yang dimiliki oleh generasi muda dan tahun depan bisa ditindak lanjuti dengan gerakan aksi nyata untuk kemajuan Sulawesi Selatan,” ucapnya.

Dispora, kata Andi Arwin menyiapkan ruang pengembangan generasi muda. Tinggal, bagaimana para pemuda maupun kelompok kepemudaan jeli melihat dan memanfaatkan ruang tersebut sesuai dengan aturan.

“Kami di Dinas Kepemudaan dan Olahraga membuka ruang yang selebar-lebarnya bagi para pemuda ataupun kelompok pemuda. Sekarang, bagaimana mereka memanfaatkan ruang yang diberikan tersebut,” tegasnya.

Pelatihan ditutup Kepala Bidang Kepemudaan, H. Heri Sumiharto, SE, M.Ed. (*)