Calon Paskibraka Kabupaten Gowa Mulai Diseleksi

  • Whatsapp
Calon Paskibraka Kabupaten Gowa Mulai Diseleksi

GOWA,UPEKS.co.id— Seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas mengibarkan sang merah putih pada hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agutus mendatang mulai dibuka. 

Hal ini dikatakan Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Gowa, A. Moh. Rizky J. Abe. Ia mengatakan seleksi telah berlangsung sejak Rabu (9/3/2022) hingga akhir Maret nanti. 

Bacaan Lainnya

“Seleksi sementara berlangsung, namun tahun ini memang berbeda dengan tahun lalu karena tahun lalu kami melakukan seleksi dengan sistem online, sedangkan untuk tahun ini kami melakukan seleksi langsung dengan mendatangi sekolah-sekolah yang telah kita tentukan per dapilnya di SMA sederajat 18 kecamatan,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa (15/3/2022). 

Ia mengaku, syarat utama menjadi calon Paskibraka yakni memiliki tinggi badan 165 bagi laki-laki, dan 160 bagi perempuan, selain itu memiliki postur yang tegak dan tidak berkaki O atau X. 

“Tinggi dan berat badan masih menjadi syarat utama dan yang berbeda dengan seleksi tahun sebelumnua yakni untuk tahun ini peserta seleksi harus memperlihatkan sertifikat vaksin melalu aplikasi peduli lindungi minimal dosis kedua,” jelas Rizky Abe. 

Olehnya ia berharap tahun ini menjadi tahun yang spesial agar bisa mengirim putra/putri Gowa menjadi Calon Paskibraka tingkat nasional. 

Sementara salah satu peserta seleksi dari SMA 14 Gowa, Ainun Fahira Salsabilah mengungkapkan, menjadi Paskibraka sudah menjadi keinginannya sejak SMP sehingga ketika seleksi tersebut dilakukan dirinya sangat antusias mengikuti seleksi itu. 

“Karena ini sudah keinginan sejak SMP, jadi saya terus mengasah kemampuan baris berbaris dan tetap menjaga kesehatan saya selama ini,” ungkapnya. 

Ainun melanjutkan, dengan kesungguhan dan atusiasnya mengikuti seleksi ini semoga bisa meloloskan dirinya menjadi calon Paskibraka. (sofyan)