Bupati Sidrap Terima Kunjungan Kerja Kepala Perwakilan BPKP Sulsel

  • Whatsapp
Bupati Sidrap Terima Kunjungan Kerja Kepala Perwakilan BPKP Sulsel

SIDRAP,UPEKS.co.id— Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Selatan, Rizal Suhaili, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sidenreng Rappang, Kamis 10 Maret 2022.

Agenda kunjungan kerja Kepala Perwakilan BPKP Sulsel ini dalam rangka peningkatan kapabilitas APIP (Aparat pengawasan Intern Pemerintah) Daerah Kabupaten Sidenreng Rappang. Rizal datang bersama Koordinator pengawasan Bidang Program dan Pelaporan serta Pembinaan (Korwas P3A) APIP, Raden Kemal.

Bacaan Lainnya

Kedatangan mereka disambut langsung Bupati Sidrap, H. Dollah Mando didampingi Inspektur Kabupaten Sidrap, Rohady Ramadhan. Acara penerimaan berlangsung  di Ruang Rapat Pimpinan Lantai III Kantor Bupati Sidrap.

Hadir di kesempatan itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Andi Muhammad Faisal Burhanuddin, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Andi Faisal Ranggong, Asisten Administrasi Umum, Andi Rahmat, Kepala Bappelitbangda, Andi Muhammad Arsjad, serta sejumlah pejabat OPD.

Tampak pula beserta Tim Teknis Peningkatan Kapabilitas APIP BPKP Sulsel, yakni Amiruddin, Andi Afriany Hasyim, dan Fikry Ahmad. Tim ini, telah melakukan bimbingan teknis peningkatan APIP pada Inspektorat Daerah Kabupaten Sidrap, 7-9 Maret 2022 lalu.

Adapun bimbingan teknis selama tiga hari itu sekaitan penilaian mandiri kapabilitas APIP Inspektorat Daerah Kabupaten Sidrap, dalam upaya peningkatan level dari level 3 ke level 4. 

Bupati Sidrap, Dollah Mando menyampaikan terima kasih atas kedatangan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulsel dan jajarannya melakukan pembinaan dan pendampingan di Kabupaten Sidrap.

“Terima kasih atas dukungan tak henti-henti dari BPKP, semoga ini mendapat berkah, rahmat, dan ridha dari Allah SWT,” ujar Dollah Mando.

Dikatakan Dollah Mando keberhasilan pengelolaan keuangan di Kabupaten Sidrap selama ini tidak terlepas dari dukungan BPKP.

“Alhamdulillah, kita berhasil meraih WTP lima kali berturut-turut, kapasitas APIP menjadi level 3 semua berkat dukungan BPKP. Untuk itu kami berharap dukungan ini terus ada sehingga pengelolaan keuangan di Kabupaten Sidrap semakin baik,” sebut Dollah Mando.

Sementara Kepala Perwakilan BPKP Rizal Sulsel mengapresiasi keberhasilan pengelolaan keuangan yang ditorehkan Kabupaten Sidrap. “Kami ingin menjadi bagian dari kesuksesan itu, melalui tugas kami dalam hal akuntabilitas keuangan,” tutur Rizal.

Lanjut Rizal menguraikan, secara garis besar BPKP memiliki empat tugas  yang diemban. Tugas itu yakni mengawal proyek strategis Nasional, mengawal tata kelola keuangan dan pembangunan di daerah, mengawal pemberantasan korupsi, serta memastikan program-program pemerintah daerah tercapai.

“Untuk memastikan program-program pemerintah daerah berhasil, harus didukung kapasitas APIP daerah. Adanya APIP yang baik, maka program-program Pak Bupati akan terlaksana dengan baik,” ungkap Rizal.

Dikatakan Rizal bahwa, Kabupaten Sidrap merupakan kabupaten pertama yang dikunjunginya sejak menjabat Kepala Perwakilan BPKP Sulsel beberapa waktu lalu. “Kami siap mendukung Sidrap, jika ada yang ingin ditanyakan, diklarifikasi, atau meminta bantuan, BPKP siap hadir,” terang Rizal. (Risal Bakri)