Tujuan Pendidikan Mencerdaskan, Tapi Jangan Lupakan Akhlak

  • Whatsapp
Tujuan Pendidikan Mencerdaskan, Tapi Jangan Lupakan Akhlak

Makassar,Upeks.co.id— Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara apalagi dalam lingkup pendidikan, akhlak itu lebih utama. Tujuan pendidikan memang untuk mencerdaskan tapi jangan melupakan akhlak.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Prov. Sulawesi Selatan, Khaeroni saat menutup Bimbingan Teknis (Bimtek) Konvensi Hak Anak dan Satuan Pendidikan Ramah Anak yang digelar di Auditorium MAN 3 Kota Makassar, Sabtu 5 Februari 2022.

Bacaan Lainnya

Dihadapan Kepala MAN 3 Makassar M. Natsir. B dan 115 peserta yang mengikuti kegiatan ini selama 2 hari berturut-turut, Kakanwil Khaeroni dalam arahannya menekankan pentingnya menanamkan pendidikan akhlak kepada peserta didik. 

Menurutnya, lembaga pendidikan,  untuk tidak menjadikan anak rendah diri karena menurutnya itu akan mematikan masa depan anak.

“Bangkitkan semangat anak-anak kita. Tinggalkan memilih orientasi anak hanya karena melihat nilai rapor semata. Kita gunakan paradigma baru bagaimana agar anak memiliki kebanggaan terhadap potensi yang dimilikinya,” tuturnya.

Olehnya itu, kata Khaeroni, anak harus dibangkitkan motivasinya sesuai minat, bakat dan kemampuannya.

“Bahkan jika memungkinkan anak-anak berkebutuhan khusus kita terima dan kita layani dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Kegiatan Bimtek ini menghadirkan Fasilitator Nasional Sekolah Ramah Anak (SRA) selaku pemateri, antara lain Kepala.MTsN 1 Makassar Zulfikah Nur, Bektri Prastiyani, Kustria Kadir, Ahmad Ashari serta Zulkifli, analis kebijakan ahli muda kelembagaan dan kerjasama direktorat KSKK Madrasah.

Adapun maksud dan tujuan dihelatnya kegiatan bimtek yang mengusung tema Madrasahku Aman, Nyaman dan Berprestasi ini menurut Irham Said selaku ketua panitia adalah untuk memberikan pemahaman kepada para stakeholder dan warga madrasah tentang Konvensi Hak Anak dan Pengembangan Sekolah / Madrasah Ramah Anak khususnya di lingkungan MAN 3 PK Kota Makassar. (rilis)