Rancang Prototipe Model Pengembangan Industri Kelapa Antar Dosen UMMU Ternate Raih Doktor di UNM

  • Whatsapp
Rancang Prototipe Model Pengembangan Industri Kelapa Antar Dosen UMMU Ternate Raih Doktor di UNM

Makassar, Upeks.co.id — Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (PPs UNM) mencetak lagi Doktor dalam bidang ilmu Administrasi Publik, yaitu Andi Thamrin, dosen Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Ternate. Sidang ujian promosi doktor dilaksanakan secara luring (offline) pada Selasa (22/2), bertempat di Aula Lantai 5 Gedung AD.

Sekretaris BPH Rumah Sakit Islam Ternate (2017-sekarang) mempertahankan disertasi dengan judul Implementasi Kebijakan Peta Panduan (Road Map) Industri Pengolahan Kelapa di Provinsi Maluku Utara di depan tim penguji yang diketuai Prof. Dr. Anshari, M.Hum., dengan anggota: Prof.Dr. Syamsul Ridjal, M.Si., Prof. Dr. Haedar Akib, M.Si., Prof. Dr. Rifdan, M. Si., Prof. Dr. Manan Sailan, M.Hum., dan Dr. Syamsuddin Maldun, M.Si.

Bacaan Lainnya

Mantan Wakil Rektor I (2009-2013) UMMU Ternate menggagas prototipe model pengembangan industri pengolahan kelapa (IPK) dan akronim IGO-ANTHAM. Inspirasi akronim itu berasal dari bahasa daerah Maluku Utara, yaitu IGO bermakna kelapa dan ANTHAM dari nama Andi Thamrin. Adapun makna akronim, yaitu Intuisi bermakna kemampuan mengetahui dan memahami tanpa dipikirkan terlebih dahulu. Kehadirannya melalui bisikan kalbu sebagai anugerah Allah Swt. Kalbu sebagai penggerak dan pengontrol seluruh elemen tubuh manusia.

Governance bermakna entitas penyelenggara kekuasaan pemerintahan dalam suatu daerah atau negara melalui penataan sistem manajemen kestrukturan pemerintahan.

Online bermakna daring yang merujuk pada kondisi sedang terhubung dengan internet melalui piranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih yang dapat dimanfaatkan setiap saat, kapan, dan di mana saja.

Akhlakul karimah bermakna akhlak yang baik dan terpuji, yaitu suatu norma yang mengatur hubungan antarsesama manusia, alam semesta, dan Tuhan YME.

Network bermakna jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan komputer yang terhubung dengan transmisi alat komunikasi membentuk satu sistem pengelolaan kelapa dan kelapa sawit.

Terintegrasi bermakna adanya saling keterkaitan antarsubsistem sehingga data dari satu sistem secara rutin dapat melintas, menuju atau diambil oleh multisistem dalam mengelola kelapa secara kolektif.

Human relation bermakna proses interaksi antarpemangku kepentingan untuk mendapatkan saling pengertian, kesadaran, dan kepuasaan psikologis dalam mengelola kelapa.

Analisis bermakna penyelidikan terhadap pengelolaan kelapa untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya terhadap sebab-musabab permasalahan yang akan dicarikan solusi sehingga bermanfaat bagi para pemangku kepentingan.

Metodik bermakna prosedur pengelolaan kelapa agar mencapai tujuan yang efektif dan efesien dalam suatu proses (menanam, memelihara, memetik, memproduksi, hingga memasarkan) yang bermanfaat (akar, batang, daun, liri, janur, sabuk, tempurung, dan daging buah) bagi pemangku kepentingan.

Kata mantan Wakil Rektor II UMMU Ternate, akronim IGO relevan dengan pantun masyarakat Kota Ternate yang berbunyi; “Loleo Igo maake, kore koa la idaho. Loleo nyinga madaha, mai idurusu kore,” artinya “Pelabuhan kecil di dalam kelapa muda, angin apa yang bisa mengenainya. Pelabuhan kecil dalam hati, bisa dijelajahi oleh angin.”

Prototipe model mendeskripsikan pengembangan mata rantai nilai kelapa terhadap pemangku kepentingan di tingkat mikro (klien individu dan keluarga), tingkat mezo (lingkungan, lembaga, atau kelompok kecil), dan tingkat makro (sistem industri).

Seusai menjawab semua pernyataan, bantahan, dan klarifikasi tim penguji, Andi Thamrin dinyatakan lulus dengan meraih IPK 3,92 dan predikat kelulusan sangat memuaskan. Ia tercatat sebagai alumni ke-1030 PPs dan ke-369 IAP.

Prof. Dr. Rifdan, M.Si., selaku Kaprodi S-3 IAP menilai gagasan pengembangan IPK dengan prototipe model IGO-ANTHAM sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan zaman terkini. Penggunaan informasi dan teknologi dalam prototipe model menunjukkan adanya sikap responsif terhadap perubahan yang terjadi di masyarakat.