Masjid Terapung Cambaya Bakal Jadi Destinasi Wisata di Utara Kota Makassar

  • Whatsapp
Masjid Terapung Cambaya Bakal Jadi Destinasi Wisata di Utara Kota Makassar

Makassar,Upeks.co.id— Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Makassar Anregurutta DR. KH. Baharuddin, HS yang juga, Rois Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Makassar secara resmi melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Terapung Cambaya,  Senin (21/2/2022).

Masjid yang diberi nama Masjid Nahdlatul Shayyaadin ini menjadi simbol dan spirit bagi nelayan untuk bangkit menyeimbangan kehidupan dunia dan akhirat. Disisi lain bangkit untuk hidup makin sejahtera dan juga bangkit lebih taat beragama. 

Bacaan Lainnya

Hal ini sejalan dengan pesan tausiah gurutta 

yang berpesan bahwa pembangunan masjid terapung bagi nelayan sekitarnya ini adalah bentuk keseimbangan dimana nelayan melaut mencari rezki untuk kebutuhan hidup yang bersifat duniawi dan masjid yang di bangun ini untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat ukhrawi. 

Kepada nelayan gurutta berpesan untuk menggiatkan shalat nantinya di masjid ini, dimana kata gurutta nelayan di beri kemudahan sepanjang pakaian yg di pakai melaut masih bersih dan bisa langsung di pakai shalat. 

“Pembangunan masjid terapung ini akan berjalan lancar dan tidak lama, mengingat semangat kekompakan warga bersama panitia yang saling bahu membahu,” imbuhnya. 

“Siapa yang sudah ikut serta, baik menyumbang dana, tenaga dan pikirannya maka sudah termasuk ikut membangun masjid ini dan akan dibangunkan istana di Surga kelak,” lanjutnya. 

Pelatakan batu pertama masjid terapung ini ditandai dengan kumandang adzan yang pertama kalinya di pilar pancang pertama oleh salah satu panitia. 

Sebelumnya juga dilantunkan salawat badar yang diikuti bersama-sama semua warga yang hadir. Tidak sedikit ada warga yang merinding bulu kudunya dan terisak menangis pada saat peletakan batu pertama masjid terapung yang nantinya bisa menjadi destinasi wisata religi di utara Kota Makassar. 

Sebelumya rencana pembangunan masjid ini mendapat respon positif dari Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo yang berjanji akan membantu pembangunan masjid yang nanti menjadi simbol kebanggaan kaum nelayan ini. 

Lurah Cambaya dan Camat Ujung Tanah pun mengapresiasi semoga terbangunnya masjid terapung ini bisa membawa keberkahan dan kemaslahatan bagi warga masyarakat sekitarnya dan umumnya masyarakat di Kecamatan Ujung Tanah. (rilis)