Kaprodi IAP PPs UNM Dilantik Sebagai Ketua Umum ASPAPI SULSEL

  • Whatsapp
Kaprodi IAP PPs UNM Dilantik Sebagai Ketua Umum ASPAPI SULSEL

 

Makassar, Upeks.co.id — Acara pelantikan pengurus Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia Sulawesi Selatan (ASPAPI SULSESL) dilaksanakan di hotel Remcy, pada Sabtu, 19 Februari 2022. Pelantikan ini dilaksanakan secara blended, yang menggabungkan kegiatan daring dan luring. Secara daring, pelantikan ini dihadiri oleh Ketua ASPAPI, Prof. Dr. Henri Eryanto, M.M. Sekjen ASPAPI Dr. H. M. Jamil Latief, M.M., M.Pd., mantan Ketua ASPAPI periode sebelumnya yaitu Prof. Muhyadi dan Prof Tjutju, Ketua Aspapi wikayah DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Yogyakarta, Jatim dan Sumatera Utara serta beberapa pengurus ASPAPI Sulsel yang menetap di daerah. Sedangkan untuk pelantikan secara luring dihadiri oleh Prof. Dr. Haedar Akib, M.Si. dan Drs. M. Ali Bakri sebagai penasehat ASPAPI Sulsel, para pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, dan seluruh anggota ASPAPI Sulsel.

Bacaan Lainnya

Ketua Prodi S-2 Ilmu Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (Kaprodi S-2 IAP PPs UNM, Dr. Risma Niswaty, S.S., M.Si. terpilih menjadi Ketua Umum ASPAPI SULSEL Periode 2022-2024.
Pada pelantikan tersebut, juga digelar rakerda yang membahas mengenai program kerja, anggaran dasar  dan anggaran rumah tangga selama periode kepengurusan hingga 2024 nanti.

Keberadaan organisasi seperti ASPAPI merupakan Asosiasi yang menghimpun bukan hanya sebatas sarjana Administrasi Perkantoran, namun juga merangkum para praktisi dalam dunia pendidikan dan perkantoran. keberadaan ASPAPI tentu sangat dibutuhkan terutama dalam hal penyedian sumber daya manusia yang kompeten. Oleh karena itu, ASPAPI Sulsel menjadikan program terbentuknya Lembaga Sertifikasi Profesi untuk kepentingan Uji Kompetensi sebagai salah satu program kerja prioritas. ASPAPI diharapkan dapat menjadi lembaga yang profesional dalam bidangnya sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat, kata Dr. Risma Niswaty, S. S., M. Si, selaku Ketua Umum ASPAPI Sulsel periode 2022-2024. Kepengurusan ASPAPI Sulsel ini merupakan kepengurusan pertama di wilayah Sulawesi Selatan.

Menurutnya, Asosiasi profesi ini ini memiliki peran yang strategis dalam mengembangkan pendidikan khususnya dalam bidang Administrasi Perkantoran dan Kependidikan.

Ia berharap, ASPAPI Sulsel bisa menjadi wadah organisasi profesi yang dapat melayani lapisan masyarakat, sehingga terasa manfaatnya, terutama dalam uji sertifikasi kompetensi.
Selain itu, menurut Risma Niswaty,dalam perjalanannya ASPAPI mempunyai program prioritas yang terus dikembangkan, seperti pelaksanaan MoU dan MoA dengan berbagai perguruan tinggi dan SMK berbasis Perkantoran untuk dapat bersinergi.

“Saat ini terdapat 8 biro dalam kepengurusan ASPAPI Sulsel, menurut Sekretaris Umum ASPAPI SULSEL, Muhammad Darwis, S. Pd., M. Pd.

Usai pelantikan pengurus, digelar juga rapat kerja, yang dimulai dengan sidang komisi dan berakhir dalam pleno setiap komisi.
Darwis menjelaskan bahwa dalam kepengurusan ASPAPI Sulsel ini terdiri dari akademisi, guru, dan praktisi dari berbagai lembaga, antara lain Universitas Negeri Makassar, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Universitas Mulawarman Kaltim, STISIP 17-08-1945, IISIP Yapis Biak, UIT Makassar, STIA Puang Rimaggalatung Bone, Kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, Bappeda Mamuju Utara Sulbar, Yayasan Al Qasimiyah Kabupaten Barru, SMK Negeri 4 Makassar, SMK Negeri 1 Gowa, SMK Negeri 5 Soppeng, SMK Negeri 1 Sinjai, SMK Negeri 1 Makassar, SMK Negeri 1 Enrekang, SMP Negeri 1 Selayar, SMK Negeri 1 Bulukumba, SMK Negeri Sorong, SMK Muhammadiyah Makassar, SMK Negeri 1 Bantaeng, SMP Negeri 26 Sinjai, MA DDI Cambalagi Kabupaten Maros, SMK Negeri 6 Luwu, SMK Negeri Maros, SMK Negeri 2 Sinjai, SMK Negeri 5 Pangkep, dan beberapa praktisi dari perusahaan. (rls)