Bupati Gowa Buka Program Pelayanan Rehabilitasi Pemasyarakatan di Lapas Narkotika Sungguminasa

  • Whatsapp
Bupati Gowa Buka Program Pelayanan Rehabilitasi Pemasyarakatan di Lapas Narkotika Sungguminasa

GOWA,UPEKS.co.id Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan membuka program pelayanan Rehabilitasi Pemasyarakatan yang  diselenggarakan oleh Lapas Narkotika Kelas IIA Sungguminasa, bekerjasama dengan BNN Sulsel, Balai Rehabilitasi BNN Baddoka dan IKAI Sulsel.

Bupati Adnan mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan pelayanan Rehabilitasi Pemasyarakatan ini yang dianggapnya sebagai salah satu upaya membangun sumber daya manusia (SDM) yang lebih baik.

Bacaan Lainnya

“Membangun manusia harus mempunya SDM yang baik, salah satunya yaitu tidak terlibat dalam penyalahgunaan Narkotika. Olehnya program ini sangat saya apresiasi,”katanya saat membuka pelayanan Rehabilitasi Pemasyarakatan, di Aula Lapas Narkotika Kelas IIA Sungguminasa, Selasa (8/2/2022).

Bupati dua periode ini juga menyampaikan melalui program Rehabilitasi sosial  Pemasyarakatan ini warga binaan nantinya diharapkan dapat merubah prilaku yang lebih baik lagi.

“Tentunya kita pemkab Gowa siap bekerjasama dan berkolaborasi guna menekan laju  penyalahgunaan Narkotika,”ungkapnya pula.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Sungguminasa, Andi Mohammad Syarif mengungkapkan program pelayanan  Rehabilitasi ini bertujuan memberikan pemahaman kepada warga binaan agar tidak terlibat lagi dengan penyalahgunaan Narkotika saat bebas nanti.

“Melalui program ini kita berharap pola pikir warga binaan dapat berubah, memahami kalau yang selama ini dilakukannya adalah salah, semoga saat meraka bebas nanti dapat melakukan  hal-hal yang positif,”terangnya.

Dikesemapatan yang sama, Kepala BNN Sulsel Brigjen Pol Ghiri Prawijaya mengaku program ini sangat ia dukung karena sejalan dengan program pencegahan dan pemberdayaan.

Ia juga mengatakan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran Narkotika adalah tanggungjawab bersama.

Dirinya juga berpesan kepada warga binaan yang mengikuti program pelayanan Rehabilitasi Pemasyarakatan ini agar tidak terlibat lagi dalam penyalagunan narkotika,  yaitu dengan cara  menjaga nama baik, menjaga nama baik keluarga karena menurutnya hal itu dapat menyadarkan diri meraka untuk tidak terlibat pada peredaran gelap Narkotika. 

Diketahui kegiatan ini dilaksanakan dalam dua tahap, untuk tahap pertama diikuti sebanyak 220 warga binaan, dan tahap kedua akan diikuti 220 warga binaan, yang keseluruhan berjumlah 440 orang.

Dalam program pelayanan Rehabilitasi tersebut warga binaan mengukuti beberapa kegiatan , seperti kegiatan keagamaan, edukasi serta pelatihan kemandirian untuk meningkatkan  bakat dan keterampilan mereka.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Devisi pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Edi Kurniadi, Kalapas Perempuan, Kapolsek Bontomarannu, ketua DPRD Kabupaten Gowa, serta pejabat Lapas Narkotika Kelas IIA Sungguminasa. (Sofyan)