Warga Patangkai Terima Bantuan dari Baznas Bone

  • Whatsapp
Warga Patangkai Terima Bantuan dari Baznas Bone

 

Watampone, Upeks.co.id–Pagi yang penuh semangat. Ketika perjalanan menuju Kecamatan Lapri. Dimulai sekitar pukul 07 lewat pada Jum’at pagi 31/12/2021.

Bacaan Lainnya

Menyusuri jalan yang sudah mulai padat. Di beberapa ruas jalan harus menghindari lubang dan jalan yang berkelok-kelok. Gunung di satu sisi dan jurang di sisi lainnya.

Tak terasa, rombongan BAZNAS Kab. Bone yang membawa 2 mobil bantuan konsumtif dan produktif untuk warga desa Patangkai akhirnya sampai di Masjid Akbar Kecamatan Lapri.

Camat, Danramil, Wakapolsek, Sekdes, tokoh masyarakat serta Ketua UPZ Patangkai yang juga Imam Desa turut hadir untuk memberikan motivasi kepada seluruh warga penerima bantuan yang terdiri dari 33 orang mustahik penerima bantuan konsumtif berupa beras, sembako dan telur dan 10 warga penerima bantuan usaha produktif berupa tambahan modal usaha dengan memberikan barang jualan.

Warga Patangkai Terima Bantuan dari Baznas Bone

UPZ Patangkai adalah Unit Pengumpul Zakat yang di bentuk oleh BAZNAS Kab. Bone untuk mengumpulkan zakat, infak dan sedekah dari warga.

Ketua UPZ Andi Irwansyah setiap bulan membawa dana ZIS yang telah dikumpulkannya ke kantor BAZNAS di lantai dasar Masjid Agung Jl. Ahmad Yani. Dana zakat beliau kumpulkan disosialisasikan ketika beliau ceramah dari satu masjid ke masjid lainnya hingga kemudian beliau memutuskan untuk mengetuk langsung pintu-pintu rumah dari para muzaki.

Alhamdulillaah, pengumpulan dengan cara mendatangi langsung cukup efektif. Jumlah yang dikumpulkan terus bertambah. Bahkan warga Patangkai yang di Amerika dan Jepang juga ikut berzakat melalui UPZ Patangkai.

Keihklasan dan kesabaran adalah modal utama untuk menjadi amil dan bisa bertahan. Bila berhitung secara logika, maka sulit untuk melakukan kegiatan ini. Bolak balik ke rumah warga memberi penjelasan, menjemput zakat lalu kemudian kembali memberikan bukti setoran zakat yang telah dicetak oleh staf BAZNAS Kabupaten setelah dana zakat disetor oleh Ketua UPZ. Allah yang mudahkan jalannya dan memberi solusi atas berbagai masalah.

Ketika pembagian, WK 1 BAZNAS Kab. Bone Farida Hanafing, ST mengingatkan kepada penerima bantuan produktif untuk berusaha dengan baik. Pisahkan keuangan pribadi dan usaha, terus kembangkan usaha.

Boleh jadi saat ini mereka yang menjadi penerima bantuan, namun selanjutnya mereka bisa menjadi seseorang yang memberi bantuan kepada mustahik yang membutuhkan.

Begitu pula WK 2 BAZNAS Kab. Bone Dr. Hj. Hukmiah Husain, Lc., M.Ag memberikan sambutan betapa pentingnya zakat yang digunakan untuk membantu warga yang membutuhkan. Dan Camat Lapri Bahtiar Hammade, S.Sos. M.Si memberikan apresiasi atas bantuan BAZNAS kepada warganya yang telah dua kali penerimaan bantuan yang junlahnya besar di luar dari bantuan orang per orang yang kadang kala tiba-tiba datanya masuk ke BAZNAS.

Semoga bantuan yang disalurkan BAZNAS, bisa bermamfaat buat seluruh penerima. Insya Allah keberkahan buat orang-orang yang telah tunaikan zakat, infak dan sedekahnya melalui BAZNAS.(*)