Ribuan Petani Milenial Soppeng Dilatih dan Disekolahkan

  • Whatsapp
Ribuan Petani Milenial Soppeng Dilatih dan Disekolahkan

SOPPENG,UPEKS.co.id— Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) memastikan regenerasi petani di Kabupaten Soppeng berjalan dengan baik.

Hal itu dikatakan Sekertaris Dinas TPHPKP Kabupaten Soppeng, Ariyadin Arif saat ditemui diruangannya.

Bacaan Lainnya

Kata dia, dari data rekapitulasi Dinas TPHPKP Soppeng Tahun 2021, dari 49.556 Petani RDKK di Kabupaten Soppeng, 9.789 orang diantaranya merupakan petani milenial.

Diantaranya Kecamatan Marioriwawo 1.502 orang, Liliriaja 1.106, Lilirilau 2.087, Lalabata 987, Donri-donri 1.118, Marioriawa 1.360, Ganra 1.249 dan Citta 377.

“Petani milenial merupakan konsep Kementerian Pertanian, para petani milenial ini berusia antara 17 sampai 39 tahun,” katanya.

Dia pun berharap para petani muda ini bisa menggantikan petani-petani yang sudah tua yang saat ini masih mendominasi.

“Para petani milenial yang ada di Soppeng ini dilatih dan di sekolahkan sehingga menjadi petani yang berwawasan luas dan memiliki keterampilan,” tuturnya.

Menurutnya, saat ini sudah ada perubahan paradigma terkait profesi petani. Bahkan, sektor pertanian mulai dilirik oleh generasi muda semenjak adanya konsep pertanian berbasis teknologi.

“Sekarang menjadi Petani itu sudah dianggap keren apalagi disaat pandemi seperti saat ini, yang tetap produktif cuma petani. Semua sub sektor itu macet kecuali sektor pertanian,” tutupnya. (Min)