Prodi PWK Unismuh Gelar Sosialisasi PKM di Takalar

Prodi PWK Unismuh Gelar Sosialisasi PKM di Takalar

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Unismuh menggelar Sosialiasi Hasil Pengambdian kepada Masyarakat (PkM) di Kelurahan Mangadu Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar (19/01/2022).

Kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat yang diselegarakan oleh Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Makassar. Hal ini diungkapkan oleh Fathurrahman Burhanuddin, ST., MT. atau yang biasa disapa Fathur, selaku ketua Tim PkM dan Dosen Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Muhammadiyah Makassar.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu pemerintah kelurahan dalam melakukan pendataan dan pemetaan kondisi sarana dan prasarana dikelurahan yang tentunya dapat diakses oleh pemerintah maupun masyarakat melalui perangkat elektronik.” kata Fathur.

Selain itu, Fathur juga menegaskan, tidak bisa dimungkiri bahwa prinsip perencanaan saat ini sudah harus berbasis pada pemetaan, oleh karena itu menjadi penting untuk melakukan pemetaan sarana dan prasarana dalam suatu wilayah.

Fathur juga menambahkan kegiatan pemetaan ini membantu pemerintah daerah mengenali wilayah administrasi dengan membuat peta potensi dan masalah wilayah kecamatan dan kelurahan/desa secara modern dengan menghasilkan pemetaan digital yang dapat digunakan oleh pemerintah daerah.

Zulkifli, SE., MM., selaku lurah di Kelurahan Mangadu yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa pihak kelurahan merasa senang dengan adanya kegiatan PkM yang diselenggarakan oleh para dosen dari Prodi PWK Unismuh.

Dia menambahkan, agar kegiatan ini bukan hanya melakukan pemetaan kondisi sarana dan prasarana di kelurahan mangadu tetapi juga pemetaan terhadap luasan dan potensi-potensi lain yang terdapat di kelurahan Mangadu.

Turut Hadir juga dalam kegiatan sosialisasi ini M. Nurhidayat, ST., MT. selaku anggotan Tim PkM dan Mahasiswa Prodi PWK Unismuh Makassar. (rilis)