Pimpin Upacara HAB Kemenag ke-76, Sekda Sulsel Sampaikan Pesan Menag RI

  • Whatsapp
Pimpin Upacara HAB Kemenag ke-76, Sekda Sulsel Sampaikan Pesan Menag RI

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Abdul Hayat Gani mewakili Gubernur Sulsel memimpin upacara Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama Tingkat Prov. Sulsel yang dilaksanakan di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar, diikuti oleh Ratusan peserta yang berasal dari Kanwil Kemenag Sulsel, Balai Diklat dan Litbang Keagamaan Makassar, UPT Asrama Haji Sudiang serta Kemenag Kota Makassar, Senin, 3 Januari 2022.

Dalam Sambutan tertulis Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan oleh Sekprov Sulsel menyebutkan, bahwa sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua. Pada setiap Hari Amal Bakti, tanggal 3 Januari, dicanangkan sebagai Kick off pelaksanaan program/kegiatan tahun berjalan.

Bacaan Lainnya

Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya. Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021.

Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya. Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam berbagai pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah,pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi. 

Dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan prestasinya. Kementerian Agama kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020. Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016. 

Sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih, Kementerian Agama telah mengajukan kepada Bapak Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama dari 79 Satuan Kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara. Alhamdulillah, Bapak Presiden telah mengabulkan permohonan tersebut dan pada Hari Amal Bakti ke-76 ini, atas nama Bapak Presiden, diberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 509 orang, 20 tahun kepada 2.802 orang, dan 10 tahun kepada 5.999 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama.

“Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. Semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan menambah kebanggaan, sebagai bagian dari korps Kementerian Agama,” ungkapnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Khaeroni usai Upacara secara khusus menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh mitra kerja Kementerian Agama, Mulai dari Gubernur, DPRD Provinsi dan Kab/kota se-Sulsel, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Bupati/Walikota se-Sulsel, Tokoh Agama dan Majelis Agama, Ormas, serta sahabat Media, atas dukungan dan kerjasamanya membantu kelancaran tugas dan program Kementerian Agama Sulawesi Selatan selama ini. Lebih Khusus, tentu tidak lupa saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh aparatur Kementerian Agama, baik yang masih aktif maupun yang telah purna bakti atas segala dedikasi dan pengabdiannya.

“Saya meminta kepada segenap aparatur Kementerian Agama, berikanlah seluruh kemampuan yang saudara-saudara miliki untuk semakin dekat melayani umat dan menjaga nama baik Kementerian Agama. Kita harus mendukung Percepatan penerapan Transformasi Layanan Digital bagi umat sebagaimana tema besar HAB Tahun ini, serta melaksanakan secara seksama program Prioritas Kementerian Agama. Semoga pengabdian saudara-saudara kepada negara, bangsa dan agama selalu mendapat Ridha Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Selamat memperingati Hari Amal Bakti,” ucap Khaeroni.

Di Upacara HAB ke-76 itu juga , Sekda Prov Sulsel menyematkan secara simbolis penghargaan Satya lencana Pengabdian 10, 20 dan 30 tahun dari Presiden Republik Indonesia kepada aparatur Kementerian Agama baik yang berasal dari Kanwil, Kemenag Kota Makassar, BDK dan Balitbang Keagamaan Makassar, yang jumlah keseluruhannya sebanyak 963 orang.

Kakanwil Kemenag Sulsel bersama Pimpinan Wilayah BSI Sulsel juga menyerahkan Bantuan berupa Uang Tunai untuk Pembangunan Madrasah dan Pesantren dari Bank Syariah Indonesia (BSI) kepada dua Pondok Pesantren di Kota Makassar yakni MDIA Bontoala dan DDI Galesong Baru.

Hadir di kesempatan Tersebut Selain Pejabat di Lingkup Kanwil Kemenag Sulsel, Kapolda Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin, Kejati, Ketua Pengadilan Agama, sejumlah Kepala Dinas lingkup Pemprov Sulsel, Kepala Biro Kesra Pemprov. Sulsel, Ketua FKUB, Pimpinan Majelis Agama dan Ormas Keagamaan, , Kepala Balai Diklat dan Kepala Balai Litbang Keagamaan Makassar, Kepala UPT Asrama Haji Sudiang Makassar, Pimpinan BUMN dan Bank Mitra  Kemenag, Kakankemenag Kota Makassar beserta Jajarannya, Asosiasi Biro Perjalanan Haji dan Umrah, Ketua dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag Prov. Sulsel dan Kota Makassar. (rilis)