Mengenal Dana Pensiun dan Cara Mempersiapkannya

  • Whatsapp
 Mengenal Dana Pensiun dan Cara Mempersiapkannya

 

Mengenal Dana Pensiun dan Cara Mempersiapkannya

Pensiun masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Ketakutan tersebut tentu saja dilatarbelakangi oleh persiapan dana pensiun yang tidak memadai. Padahal, dana pensiun adalah salah satu hal penting untuk menunjang kualitas hidup seseorang pasca pensiun. Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2017 mengungkap bahwa 77,82% biaya rumah tangga lansia ditopang oleh anggota keluarga yang bekerja, 14,97% dari kiriman uang atau barang anggota keluarga lain, 6,46% dana pensiun, dan 0,76% dari investasi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa masih banyak orang yang belum memahami fungsi dana pensiun dan tidak menyiapkannya ketika berada dalam usia produktif.

Bacaan Lainnya

Mengenal Dana Pensiun dan Manfaatnya

 Mengenal Dana Pensiun dan Cara Mempersiapkannya

Pengertian dana pensiun dapat didefinisikan sebagai tabungan aset yang sudah disiapkan secara matang untuk memenuhi segala kebutuhan hidup setelah memasuki masa pensiun. Beberapa manfaat dana pensiun bagi pemiliknya adalah sebagai berikut:

  • Menjamin kestabilan kualitas hidup pasca pensiun sehingga segala kebutuhan hidup tetap bisa dipenuhi secara maksimal.
  • Memproteksi kesehatan seseorang pasca pensiun. Manfaat ini sangat penting karena kualitas kesehatan seseorang rentan menurun seiring bertambahnya usia (terutama setelah melampaui Angka Harapan Hidup).
  • Mengurangi beban finansial anggota keluarga lain yang sedang berada dalam masa produktif, yaitu anak, cucu, keponakan, dan lainnya.
  • Menjaga kesehatan mental pasca pensiun karena orang yang memiliki dana pensiun memadai tidak rentan depresi pada usia tua.

Saat ini, banyak bank dan lembaga keuangan yang menawarkan berbagai pilihan produk dana pensiun. Namun, kamu harus memilihnya secara cermat supaya bisa mendapatkan benefit maksimal dari produk tersebut.

Cara Menghitung Dana Pensiun

 Mengenal Dana Pensiun dan Cara Mempersiapkannya

Sumber: panduanacara.com

Kebutuhan hidup pasca pensiun bisa dipenuhi bila kamu menyiapkan dana pensiun yang jumlahnya mencukupi. Oleh sebab itu, kamu wajib memahami cara menghitung dana pensiun dengan benar seperti contoh berikut ini:

Jika kamu pensiun di usia 60 tahun dan diprediksi hidup hingga usia 80 tahun dengan biaya hidup kurang lebih 9 juta rupiah per bulan, maka dana pensiun yang mesti kamu siapkan adalah sebesar:

9 juta rupiah x 12 (jumlah bulan dalam setahun) x 20 (jumlah usia pasca pensiun) = 2,16 miliar rupiah.

Selain menyiapkan dana sebesar 2,16 miliar rupiah, kamu juga patut mempertimbangkan inflasi yang meningkat setiap tahun. Inflasi membuat kebutuhan hidup meningkat sehingga nilai uangmu semakin kecil. Itulah sebabnya persiapan dana pensiun harus lebih banyak daripada prediksi dan sebaiknya dimanfaatkan untuk investasi.

Cara Menyiapkan Dana Pensiun yang Efektif

 Mengenal Dana Pensiun dan Cara Mempersiapkannya

Tak ada kata terlambat untuk menyiapkan dana pensiun asalkan kamu tidak menundanya lagi. Lakukan beberapa cara berikut ini untuk mengumpulkan dana pensiun yang cukup untuk menunjang kehidupanmu di masa depan:

  • Menjadi peserta program Jaminan Hari Tua (JHT) yang dikoordinasikan oleh perusahaan. Jenis dana pensiun ini akan membuatmu disiplin mengumpulkan tabungan tanpa merasa terbebani karena pemotongan gaji langsung dilakukan perusahaan.
  • Menyisihkan pendapatan untuk premi asuransi pensiun di luar program yang diselenggarakan perusahaan. Jika ingin menyimpan dana dalam bentuk asuransi pensiun, kamu harus mencermati programnya dengan teliti sebelum membuat kesepakatan. Jangan sampai kamu mengalami kerugian setelah memasuki masa pensiun karena ada kesalahpahaman yang membuat dana pensiunmu berkurang drastis.
  • Mengelola keuangan secara disiplin dan menghindari gaya hidup boros. Kebiasaan baik ini akan membuat tabunganmu lekas bertambah banyak dan dapat dimanfaatkan untuk membeli sejumlah aset investasi. Berusahalah mengatasi latte factor dan penyebab boros lainnya supaya uangmu tidak habis begitu saja dalam waktu singkat.
  • Membeli lebih dari satu rumah pribadi selama masih berada di usia produktif. Rumah merupakan aset investasi berharga yang nilainya meningkat setiap tahun. Tak cuma bisa diwariskan kepada anak cucu, rumah pribadi juga bisa menjadi salah satu bentuk penyimpanan dana pensiun yang bermanfaat di masa depan.
  • Menyimpan uang dingin dalam bentuk investasi, misalnya saham, reksadana, dan emas. Uang dingin yang disimpan sebagai investasi memiliki peluang peningkatan nilai seiring berjalannya waktu. Cara ini sangat efektif mengamankan nilai uang dari pengaruh inflasi.
  • Membangun bisnis sampingan yang terus berkembang. Banyak orang beranggapan bahwa dana pensiun sebesar apapun akan habis bila tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu, membangun bisnis sampingan ketika masih produktif adalah salah satu cara terbaik untuk menyiapkan masa pensiun. Setelah pensiun dari pekerjaan utama, kamu masih bisa memperoleh pendapatan dari bisnis sampingan. Selain itu, kamu akan menjadi pribadi yang lebih sehat, produktif, dan tidak rentan stres jika masih aktif berkegiatan pasca pensiun.

Masa pensiun tak akan menjadi beban berat bagi diri sendiri dan keluargamu jika kamu sudah melakukan persiapan matang. Mulai sekarang, jangan malas mengumpulkan dana pensiun dengan cara yang tepat agar kualitas hidupmu di hari tua selalu terjamin.(ad)