Jelang HAB Ke-76, Kemenag Sulsel Ziarah Ke Taman Makam Pahlawan

  • Whatsapp
Jelang HAB Ke-76, Kemenag Sulsel Ziarah Ke Taman Makam Pahlawan

Makassar,Upeks.co.id—  Dalam rangka memperingati  Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-76 tahun 2022, segenap pegawai Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang Makassar, Minggu 2 Januari 2022. 

Upacara ziarah dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Sulsel H.Khaeroni. Hadir pula para Kepala Bidang dan Pembimas lingkup Kanwil Kemenag Sulsel, Kepala Kantor Kemenag Kota Makassar, Kepala Balai Diklat Keagamaan Makassar, Kepala Balai Litbang Keagamaan Makassar, Kepala UPT Asrama Haji Makassar dan sejumlah pengurus DWP Kanwil Kemenag Sulel serta pejabat fungsional dan pelaksana lingkup Kanwil Kemenag Sulsel.

Bacaan Lainnya

Acara ziarah diawali dengan upacara dan penghormatan kepada para arwah pahlawan, dilanjutkan mengheningkan cipta, disusul peletakan karangan bunga oleh pimpinan ziarah dan ditutup dengan pembacaan doa. 

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan tabur bunga oleh pimpinan ziarah bersama rombongan ke pusara para pahlawan, yang diawali di makam Kepala Kemenag Sulsel pertama (dulu masih bernama Kepala Jawatan Keagamaan) yakni H. Muh. Ali Mabhan Dg. Tojeng yang wafat pada tanggal 6 Juni 1984, kemudian dilanjutkan ke makam Andi Djemma, Andi Mappanyukki serta Andi Pangerang Pettarani. 

Kegiatan ziarah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HAB ke-76, dan telah menjadi tradisi yang rutin dilakukan oleh keluarga besar Kementerian Agama sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa  para pahlawan yang telah gugur.  

“Melalui ziarah, diharapkan para generasi penerus dapat  mengenang kembali semangat perjuangan yang telah ditunjukkan  para pahlawan dan sekaligus mendoakan agar para kusuma bangsa mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT”, ucap Khaeroni disela-sela melaksanakan tabur bunga. 

Usai ziarah, kegiatan dilanjutkan dengan anjangsana ke beberapa panti asuhan dan pondok tahfidz Al Quran di Kota Makassar, diantaranya, Panti Asuhan Setia Karya Jl Manuruki Raya, Panti Asuhan Hisbullah / Pondok Tahfidz Al Quran Istiqamah Jl Maoa Raya Mangasa Tamalanrea dan Pondok Tahfidz Al Quran dan Keulamaan Jl Nuri Makassar

Pada anjangsana ke sejumlah panti asuhan dan pondok tahfidz ini, rombongan dibagi dalam tiga kelompok, dengan penanggung jawab dari unsur pejabat eselon tiga lingkup Kanwil Kemenag Sulsel, Balai Litbang Keagamaan dan Balai Diklat Keagamaan serta UPT Asrama Haji Makassar didampingi jajaran pejabat sub koordinator di lingkungan Kanwil Kemenag Sulsel. 

Anjangsana yang dikemas dalam bentuk kunjungan ilaturrahim ini, rombongan keluarga Kemenag Sulsel menyerahkan bantuan berupa sembako kepada penghuni panti asuhan dan pondok tahfidz. 

Untuk diketahui bahwa puncak peringatan HAB Kemenag ke- 76 tahun 2022 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ini ditandai dengan upacara bendera pada hari Jumat 3 Januari 2022 di Asrama Haji Makassar, dilanjunjutkan acara jalan kerukunan dan malam ramah tamah pada tanggal 8 Januari 2022 di Tanjung Bira Bulukumba. (rilis)