ITB Usung Misi Lahirkan Pengusaha

  • Whatsapp
ITB Usung Misi Lahirkan Pengusaha

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Rektor Institusi Teknologi dan Bisnis (ITB) Kalla Syamril menyebut jumlah lulusan strata satu atau S1 di Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 2019 sebanyak 59.567 orang sementara pemenuhan tenaga kerja hanya 11.253.

Angka tersebut tiap tahun  meningkat lantaran lapangan kerja terbatas sejak pandemi Covid-19 melanda negeri. Berdasarkan tingkat provinsi, Sulsel menempati posisi 10 angka pengangguran tertinggi di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Berkaca pada data tersebut, Syamril telah merancang model pendidikan yang mampu merangsang wawasan mahasiswa soal bisnis. “Hampir tiap bulan kita datangkan praktisi biar rasio wawasan mahasiswa berkembang,” kata Syamril, saat press conference, Senin (10/1/2022).

Tingginya pengangguran di Sulsel dibuktika, pada kampus yang berada di kawasan mal Nipah ini saat merekrut  dosen muda beberapa waktu lalu.

“Disaat melakukan perekrutan dosen, kuota yang kita siapkan 5 orang yang mendaftar mencapai ratusan orang,”ungkap Syamril.

Olehnya itu, sambung Syamril, ITB Kalla hadir untuk melahirkan alumni yang menciptakan lapangan kerja, konsep ini dilakukan semakin sempitnya lapangan kerja di Sulsel.

“Jadi alumni ITB harus didorong membuka lapangan kerja, untuk kami hadirkan Prodi sesuai yang dibutuhkan saat ini,” ungkap Syamril.

 Ia mengatakan saat ini jumlah mahasiswa aktif di ITB Kalla sebanyak 123 orang. Tiap tahun, ITB hanya menerima 100 mahasiswa.  Menurutnya, ITB Kalla sejak awal menenkankan pada kualitas pendidikan. Hal itu terlihat dari persentasi jumlah mahasiswa dan dosen satu banding empat.  

“Kami ingin hadir di Makassar dengan misi melahirkan pengusaha dan profesional di masa depan. Bukan hanya sekadar pencari kerja,” ucapnya. 

Selain itu, juga ada mata kuliah personel development yang meliputi segala kegiatan yang meningkatkan kesadaran identitas diri, mengembangkan bakat dan potensi, membangun sumber daya manusia dan memfasilitasi kinerja.

“Jadi segala permasalahan mahasiswa akan dimentoring dengan baik,” ungkapnya. (Rasak)