FKIK Unismuh Makassar Siapkan Mahasiswa Belajar Satu Semester di Luar Negeri

  • Whatsapp
FKIK Unismuh Makassar Siapkan Mahasiswa Belajar Satu Semester di Luar Negeri

MAKASSAR, UPEKS.co.id–Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan  (FKIK) bersama Lembaga Pengembangan Bahasa, Kerjasama, dan Urusan Internasional (LPBKUI) Unismuh Makassar menggelar Sosialisasi “Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022 dan International Online Discussion Program (IODP) 2022”.

Kegiatan yang mengusung tema “Challenge your Future’’ ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom, Sabtu, 15 Januari 2022.

Bacaan Lainnya

Narasumber Sosialisasi IISMA 2022, disampaikan Yordan Gunawan SH MBA MA, Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Ketua Asosiasi Kantor Urusan Internasional Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Kegiatan dibuka oleh Dekan FKIK Unismuh Makassar Prof Suryani As’ad. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa kegiatan internasionalisasi merupakan keharusan karena sudah menjadi tuntutan bagi perguruan tinggi. FKIK siap untuk berkolaborasi dengan mitra baik dalam maupun luar negeri.

Dalam pemaparan materinya, Yordan Gunawan menyampaikan bahwa IISMA merupakan program beasiswa dari Pemerintah Indonesia untuk putra/putri terbaik Indonesia yang ingin belajar selama satu semester di universitas terkemuka di luar negeri.

Kegiatan ini dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

“Mahasiswa dapat menghabiskan satu semester di universitas mitra luar negeri untuk belajar, merasakan budaya negara lain dan merasakan atmosfir belajar yang berbeda,” ungkap Yordan.

Mahasiswa yang lulus seleksi, lanjutnya, ditanggung mulai dari biaya pendaftaran, biaya kuliah, tunjangan transportasi, tunjangan hidup, asuransi kesehatan, tunjangan visa, serta tes PCR.

Yordan juga menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan dampak yang sangat positif bagi mahasiswa terutama mental dan pengetahuan mereka di masa yang akan datang.

 “Mahasiswa setelah mengikuti program ini, akan kembali ke kampus. Tidak ada penambahan waktu studi untuk menggantikan masa yang dihabiskan 1 semester selama mengikuti IISMA. Hal ini harus diketahui oleh mahasiswa dan pimpinan Fakultas,” ungkap Yordan.

Dalam kesempatan ini, Kaprodi Pendidikan Dokter Unismuh, Dr dr Ami Febriza MKes menyampaikan bahwa pihaknya memberikan dukungan penuh kepada mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan ini.

“Masalah lulusnya itu belakangan, yang jelas ada pengalaman dan ini yang terpenting,” jelas Ami.

Selain sosialisasi IISMA, sosialisasi kegiatan internasional yang dapat diikuti mahasiswa oleh semua prodi adalah IODP 2022 yang bekerjasama dengan With the World-Japan. Sosialisasi kegiatan ini dibawakan oleh Maharida MPd selaku LPBKUI Unismuh Makassar

“Persyaratannya adalah mampu berbahasa Inggris minimal Basic-Intermediate, minimal semester 2 dan maksimal semester 6. Program IODP ini sudah berjalan setahun yang telah diikuti 11 orang mahasiswa di tahun 2021. Kami berharap tahun ini, bertambah lagi,” jelas Maharida.

Sebelum kegiatan sosialisasi ini berakhir, Dekan FKIK Prof Suryani menekankan mahasiswanya untuk segera mempersiapkan diri, terutama syarat kemampuan berbahasa Inggris. (Rasak).